Ingin Dinding Ruang Tamu Tampak Catchy dan Unik, Gunakan Variasi Desain Ini

Desain Interior Rumah Salatiga – Ruang tamu menjadi wajah utama dari hunian Anda yang penataan dan desainnya harus Anda perhatikan dengan baik.

Mengingat ruang tamu banyak digunakan untuk bercengkerama dengan keluarga besar, tamu dan berbagai aktivitas penting lain, ada baiknya Anda menggunakan jasa desain interior rumah Salatiga.

Selain tampak lebih terkonsep dengan matang dan memiliki tujuan yang jelas, hasil pengerjaannya pun akan memuaskan ketimbang hasil desain sendiri.

Baca juga: Daftar Ide Desain Jasa Kitchen Set Semarang Kekinian, No 1 Paling Diminati

Agar tampilannya tidak pasaran dan membuat Anda cepat bosan, dekorasi pada dinding dan bagian lain harus sangat Anda perhatikan. Dengan begitu ruang tamu rumah Anda tetap bisa menjadi pusat perhatian dalam beberapa tahun ke depan.

Buat Anda yang saat ini masih bingung ingin menggunakan ide dan kreasi seperti apa, ada baiknya jika menyimak pembahasan seputar inspirasi desain ruang tamu di bawah ini!

Daftar Ide dan Kreasi Desain Interior Rumah Salatiga Pada Ruang Tamu

desain interior rumah salatiga

Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi ide, kreasi dan variasi desain yang bisa Anda jadikan sebagai inspirasi selama mendekorasi ruang tamu di rumah:

1.Ruang Tamu Modern dengan Dinding Full Batu Bata Ekspos

Nuansa alam bisa tercipta pada ruang tamu dengan memanfaatkan penggunaan bahan bata ekspos untuk keseluruhan bagian dindingnya. Meskipun terlihat sederhana, gaya dinding seperti itu justru memberi kesan modern dan estetik.

Dalam pemilihan warna bata ekspos juga harus Anda perhatikan baik-baik. Warna bata ekspos terakota yang lebih cerah dan mencolok bisa Anda pertimbangkan agar lebih menonjol.

Selain itu, penampilan ruang tamu dengan dinding seperti ini bisa meningkatkan kesan hangat sehingga membuat tamu yang datang menjadi betah berlama-lama. Agar tampak menarik, beberapa furniture bergaya industrial sangat direkomendasikan.

Padupadankan antara furniture berbahan kayu alami dan juga besi untuk mendapatkan nuansa industrial yang lebih kuat.

2.Penggunaan Kombinasi Cat dan Wallpaper Pada Dinding Ruang Tamu

Dinding ruang tamu yang monoton tanpa ada permainan dekorasi cenderung tidak menarik dan membuat penghuninya cepat bosan. Coba deh kombinasikan dekorasi dinding ruang tamu menggunakan cat dan wallpaper, pasti akan tampak lebih menawan.

Misalnya saja Anda ingin mewujudkan ruang tamu dengan konsep tropical. Anda bisa menggunakan cat hijau pastel atau kuning pastel dan wallpaper bermotif dedaunan hijau. Silahkan atur sendiri penerapannya.

Sebagian besar pemilik hunian yang mengkombinasikan antara cat dan wallpaper, memilih untuk membaginya 50:50. Pengaplikasian cat pada kedua sisi dinding dan wallpaper juga demikian. Atau bisa juga mengaturnya dengan perbandingan 75:25, sesuaikan saja selera dan konsep yang ingin Anda hadirkan.

3.Desain Interior Rumah Salatiga dengan Panel Kayu dan Cermin

Dinding ruang tamu modern tidak sekedar asal jadi dan memiliki warna. Yang menjadi nilai utama dari keindahannya adalah permainan dekorasi yang digunakan pada berbagai aspek seperti salah satunya dinding.

Tidak jarang para pemilik hunian modern berani memainkan dimensi dan tekstur pada dinding. Untuk menonjolkan dimensi dan tekstur ini, Anda bisa memasang panel kayu bertingkat. Untuk polanya sendiri bisa Anda atur sesuai keinginan, baik itu yang sederhana hingga kompleks sekalipun.

Selain itu, untuk menambah daya tarik pada panel bisa Anda biarkan apa adanya dengan menampilkan serat kayu alami maupun memberinya pewarnaan cat.

Untuk ukuran ruang tamu yang terbatas, Anda bisa menambahkan beberapa cermin estetik untuk menciptakan kesan ruang yang lebih luas. Agar lebih awet dan tidak beresiko pada kesalahan fatal, serahkan pemasangan panel bertingkat dan cermin dinding pada ahlinya.

4.Aksen Lukisan Mural Pada Dinding Ruang Tamu

Aksen lukisan mural pada umumnya digunakan untuk mendekorasi dinding-dinding jalanan perkotaan untuk meningkatkan daya tarik wisatawan. Tidak jarang, lukisan mural terdapat pesan tersirat di dalamnya yang bisa disesuaikan dengan tujuan.

Di balik daya tariknya tersebut, aksen lukisan mural juga bisa Anda aplikasikan pada dinding ruang tamu lho! Baik itu berupa lukisan tangan maupun stiker dinding dengan berbagai macam motif.

Lukisan tangan cenderung lebih bebas dan bisa Anda sesuaikan dengan keinginan hingga detail-detail terkecil. Sementara stiker dinding hanya bisa mengikuti motif yang tersedia di pasaran saja dan tidak bisa custom.

Beberapa contoh motif stiker dinding untuk aksen lukisan mural seperti kota, alam, atau bisa juga berbagai pilihan stiker abstrak. Tujuan utama pengaplikasian lukisan mural ini sangat penting dalam memperbaiki mood penghuninya.

5.Pengaplikasi Konsep Dinding Void

Konsep dinding void bertujuan untuk memberi kesan ruangan lebih luas dan tidak terlalu penuh. Untuk lebih mempertegas dinding void ini, Anda bisa mengaplikasikannya dengan pewarnaan yang berbeda.

Kemudian tidak ada salahnya jika Anda juga menambahkan dekorasi menarik seperti bebatuan hias alami berwarna putih untuk menambah kesan modern dan alami.

Selain bisa menciptakan kesan ruangan yang lebih luas, dinding void ini juga tepat untuk menambah akses pencahayaan pada ruang tamu Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi penggunaan dekorasi cahaya lampu dan membantu menghemat listrik.

6.Dinding Berkonsep Klasik Dengan Panel Kayu Berwarna Biru Tosca

Selain panel kayu bertingkat, dekorasi panel kayu lainnya juga banyak diburu. Penggunaan panel kayu pada dinding ruang tamu, sebagian besar bisa membantu menciptakan kesan mewah. Warna-warna favorit yang banyak digunakan dinding ruang tamu berpanel kayu seperti putih, biru tosca maupun abu tua.

Dinding berpanel kayu ini juga sangat cocok Anda gunakan sebagai background area smart TV. Untuk menciptakan kesan sejuk dan ramah, penggunaan tone dingin seperti abu-abu atau biru bisa Anda coba terapkan.

Meskipun hanya menggunakan panel kayu, sekilas dinding terlihat menggunakan papan kayu. Yang mana juga berperan dalam menciptakan kesan vintage pada ruang tamu Anda.

7.Penggunaan Motif Marmer Pada Dinding Ruang Tamu

Motif bebatuan granit dan marmer saat ini sedang banyak digandrungi. Tidak hanya untuk menghias lantai saja, dekorasi ruangan pada dinding juga banyak yang menggunaan bahan tersebut.

Mengingat harga marmer yang cukup tinggi, penggunaan wall panel seringkali bisa jadi alternatif sempurna untuk mendekorasi dinding.

Wall panel motif marmer mampu menciptakan kesan elegan, berkelas dan mewah. Namun, untuk mendapatkan corak yang pas dan menarik, Anda harus cermat dalam proses memilih. Beberapa motif terbaik yang banyak digunakan seperti marmer white caraca dan grey caraca.

Baca juga: Rekomendasi Dapur Jawa Kuno Era Abad ke 19 yang Sederhana & Klasik, Jasa Kitchen Set Semarang Bisa Modernisasikan Untuk Anda

8.Desain Interior Rumah Salatiga Dekorasi Dinding Fungsional

Ruang tamu yang luas cenderung lebih bisa didekorasi dengan bebas. Untuk membuat ruangan lebih fungsional, Anda bisa memanfaatkan bagian dinding agar lebih maksimal.

Misalnya saja dengan penambahan rak, ambalan atau lemari buku tepat di bagian atas dan samping sofa tamu.

Tertarik untuk mewujudkan ruang tamu yang catchy dan unik seperti beberapa rekomendasi di atas? Pastikan Anda sudah menggunakan layanan jasa profesional desain interior rumah Salatiga terbaik ya!