5+ Rekomendasi Dapur Industrial Masa Kini, Bikin Dapur Makin Berkarakter dan Keren

Desain Interior Rumah Semarang – Beberapa tahun terakhir ini, perkembangan desain interior yang menerapkan gaya industrial kian berkembang pesat di Indonesia. Gaya industrial tersebut, salah satunya banyak diterapkan untuk bagian dapur.

Bukan tanpa alasan kepopuleran gaya desain ini bisa berkembang. Produksi furniture industrial yang siap pakai dan mudah ditemukan menjadi alasan mengapa banyak orang kepincut dengan gaya industrial.

Di samping itu, furniture bergaya industrial sebagian besar dirancang dengan menerapkan konsep bongkar pasang dan mudah dipadupadankan. Menariknya lagi, gaya industrial juga menawarkan karakter yang kuat, easy going dan apa adanya tanpa polesan yang berlebihan.

Baca juga: Rekomendasi Dapur Jawa Kuno Era Abad ke 19 yang Sederhana & Klasik, Jasa Kitchen Set Semarang Bisa Modernisasikan Untuk Anda

Contoh gaya industrial yang sangat mudah Anda temukan seperti dinding beton yang dibiarkan begitu saja tanpa finishing cat. Kemudian tembok berbahan bata merah yang dibiarkan terbuka tanpa finishing acian.

Bagi Anda yang tertarik untuk menerapkan gaya ini pada dapur di rumah, pemilihan layanan jasa desain interior rumah Semarang harus benar-benar diperhatikan.

Ciri-Ciri Desain Interior Rumah Semarang Pada Dapur Bergaya Industrial

Dapur bergaya industrial sangat mudah untuk diidentifikasi. Mulai dari permainan warna yang banyak menggunakan warna-warna menyerupai abu beton, warna hitam, warna kayu alami, terakota dari bata hingga berbagai dukungan dari elemen dasar tanpa proses finishing sama sekali.

Namun, bagi Anda yang tidak menyukai gaya industrial yang terlalu ekstrim, bisa memadukan dengan berbagai gaya lain. Misalnya seperti gaya kontemporer, gaya japandi maupun gaya minimalis.

Lantas, seperti apa contoh dapur masa kini bergaya industrial terbaik?

Daftar Rekomendasi Dapur Bergaya Industrial Ala Desain Interior Rumah Semarang

desain interior rumah semarang

Bagi Anda yang masih bingung apalagi galau dalam menentukan gaya industrial untuk dapur, berikut ini terdapat beberapa rekomendasi terbaik:

1.Kombinasi Gaya Industrial dengan Gaya Japandi Klasik

Bagi Anda yang senang dengan desain simple pada area memasak, kombinasi kedua gaya ini sangat cocok untuk Anda terapkan. Gaya Japandi memiliki kecenderungan bisa mempertegas berbagai aksen yang ada.

Kenapa gaya Japandi cocok dalam mendukung gaya industrial pada dapur? Ternyata, gaya Japandi ini jika Anda perhatikan baik-baik pasti ada kesamaan secara kasat mata.

Kesamaan antara keduanya bisa Anda lihat pada pemakaian bahan yang mengandung unsur alami dan finishing natural menjadi salah satu elemen penting.

Dapur bergaya industrial yang menggabungkan gaya Japandi bisa memanfaatkan warna-warna natural yang terang. Misalnya saja pemilihan warna putih sebagai dominasi warna. Kemudian dalam pemilihan furniture juga bisa lebih condong yang simpel-simpel saja.

Salah satu contoh furniture simpel yang dimaksud seperti kabinet penyimpanan kombinasi antara kerangka besi hollow berwarna hitam dan ambalan kayu natural.

2.Sentuhan Industrial Pada Dapur Minimalis

Seperti gaya industrial pada umumnya, pada dapur minimalis sangat cocok menggunakan dominasi satu tone warna saja. Warna putih dalam hal ini menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk Anda terapkan.

Selain warna yang simpel, Anda juga bisa menggunakan lampu bergaya industrial sebagai sentuhan pemanis ruangan. Saking minimalisnya, Anda tak perlu lagi memasang gagang pintu pada setiap ruang kabinet penyimpanan baik di bagian atas maupun di bagian bawah.

Meskipun tanpa adanya aksen, kesan mewah dan mahal tetap bisa terwujud dengan pemilihan furniture yang tepat guna.

Dengan demikian, setiap pasang mata yang melihat dapur Anda pasti langsung paham perihal desain interior dapur impian Anda.

3.Konsep Dapur Industrial yang Menonjolkan Kesan Natural

Terlalu menonjolkan gaya industrial yang ekstrim, memang membuat desain interior dapur terkesan sangat kaku dan dingin. Namun jika Anda memberikan sentuhan seperti kesan natural, mungkin bisa jauh lebih hidup.

Contoh penerapannya agar tidak berlebihan seperti pada bagian beberapa dindingnya saja. Anda bisa memilih salah satu sisi dinding berbahan bata ekspos. Dimana bata ekspos cenderung berwarna terakota terang sangat cocok untuk memberi kesan hangat pada ruang dapur Anda.

Selain itu agar dapur tanpa lebih segar dan sejuk, Anda bisa menambahkan beberapa tanaman dengan background dinding bata ekspos tadi. Perpaduan antara unsur alami bata ekspos dan tanaman, ternyata ampuh untuk menciptakan suasana yang lebih ceria.

4.Perpaduan Gaya Industrial dengan Sentuhan Kontemporer

Siapa sangka desain dapur bergaya industrial ternyata cocok dengan sentuhan gaya desain apa saja termasuk salah satunya adalah kontemporer. Seperti yang Anda ketahui bahwa gaya desain kontemporer biasanya lebih menonjolkan penggunaan furniture minimalis modern.

Secara umum, suasana cozy dan hangat bisa terwujud karena look natural dari gaya kontemporer. Mengingat tone utamanya lebih banyak gelapnya ketimbang terangnya, Anda bisa kombinasikan dengan gaya industrial.

Lantas seperti apa cara pengaplikasiannya? Silahkan gunakan furniture bagian atas kitchen set yang terbuka seperti halnya rak besi hitam dan kayu natural. Anda tak perlu menambahkan kabinet tertutup sama sekali pada bagian atas tersebut.

5.Dapur Bergaya Industrial yang Menonjolkan Sisi Elegan

Memangnya bisa gaya industrial terkesan elegan? Anggapan ini seringkali terjadi karena karakteristik gaya industrial yang kasar, basic seperti pabrik dan tidak ada kesan elegannya sama sekali.

Namun meskipun faktanya seperti itu, jika Anda menyerahkan pengerjaan desain interior rumah Semarang kepada ahlinya pasti bisa terwujud kok.

Kuncinya adalah Anda harus berani memadukan gaya industrial dengan gaya interior berkelas dan mewah. Jika hal ini berhasil Anda lakukan, kesan elegan akan muncul dengan sendirinya pada dapur bergaya industrial yang Anda inginkan.

Untuk detailnya, Anda bisa memilih salah satu antara dinding yang dibiarkan terekspos atau dinding beton. Namun, usahakan dalam pengaplikasian keduanya tidak pada bagian utama ruangan yang mudah sekali terlihat.

6.Dapur Industrial Serba Putih

Sebenarnya dengan menerapkan 1 tone warna simpel seperti putih dengan dukungan 1 furniture industrial saja sudah sangat menunjukkan gaya industrial pada dapur. Dalam hal ini warna putih Anda pilih untuk menonjolkan kesan estetik.

Coba deh dinding bata ekspos beri pewarnaan putih secara langsung, kesan industrialnya tidak akan berubah. Kemudian, berbagai instalasi rumah seperti rangka baja, pipa saluran listrik dan air juga beri pewarnaan putih.

Hasil akhirnya, Anda tetap bisa mengedepankan gaya industrial pada dapur yang terkesan lebih cerah dan selalu bersih.

7.Dapur Industrial 100% Murni Tanpa Sentuhan Gaya Lain

Bagi Anda yang lebih senang penggunaan gaya industrial murni tanpa adanya unsur gaya lain, berarti sudah paham betul ya kalau bentukannya bakal seperti pabrik.

Biasanya, dapur bergaya industrial murni akan memilih dinding bata ekspos atau beton secara keseluruhan.

Kemudian berbagai saluran instalasi biasanya juga dibiarkan terbuka dan apa adanya tanpa harus ditutup-tutupi. Dengan menerapkan gaya industrial murni, kesan maskulin akan terasa sangat kental di ruang dapur Anda.

Baca juga: Prediksi Tren Jasa Desain Interior Jawa Tengah 2024, 6+ Desain Ini Digadang-Gadang Bakal Booming

Bagaimana, Anda tertarik mencoba gaya industrial yang mana nih pada dapur di rumah? Apapun pilihanya, pastikan layanan jasa desain interior rumah Semarang harus yang berpengalaman, profesional dan terpercaya ya!