Rekomendasi Dapur Jawa Kuno Era Abad ke 19 yang Sederhana & Klasik, Jasa Kitchen Set Semarang Bisa Modernisasikan Untuk Anda

Kitchen Set Semarang – Mempunyai dapur menawan dan unik adalah impian banyak orang, terutama mereka yang hobi memasak atau banyak melakukan aktivitas di dapur.

Kebanyakan dapur saat ini menerapkan konsep minimalis modern dengan alasan lebih estetik dan bisa mengikuti perkembangan zaman. Namun siapa sangka, menerapkan konsep desain dapur tradisional Jawa ternyata juga bisa membuat dapur Anda mempunyai nilai tambah.

Baca juga: Jasa Desain Interior Jawa Tengah Berkonsep Subway Tile, Seperti Apa Serba-Serbinya?

Tidak sedikit orang yang merasa gaya desain dapur tradisional Jawa membuat hunian jadi tampak kuno. Padahal jika menemukan layanan jasa kitchen Semarang profesional, Anda bisa menyulap gaya tersebut menjadi sangat modern lho!

Salah satu contohnya seperti dapur modern yang diberi sentuhan khas Jawa mampu menonjolkan keunikan daripada dapur modern pada umumnya.

Tertarik untuk memilikinya di rumah? Yuk simak pembahasan rekomendasi dapur Jawa Kuno yang sudah dimodernisasikan oleh layanan jasa kitchen set Semarang di bawah ini!

Inspirasi Desain Dapur Jawa Kuno yang Sudah Dimodernisasi Ala Kitchen Set Semarang

1.Penggunaan Tegel Lantai Monokrom

Dapur yang dilengkapi dengan kitchen set ini tampil sangat cantik dan kental akan gaya Jawanya. Tampilannya yang tampak modern, menonjolkan dinding dengan konsep semen ekspos dan kitchen set super clean.

Ciri khas Jawa pada dapur dan kitchen set ini bisa terlihat jelas dari dekorasi lantainya yang menggunakan tegel. Anda bisa memilih berbagai motif sesuai selera dan kesukaan.

Keindahan motif yang disuguhkan dari lantai tegel, bisa menciptakan kesan tidak membosankan dan keunikan dari ruang dapur satu ini. Pastikan tegel lantainya harus bermotif monokrom.

2.Dapur Mungil Dominan Kayu Berwarna Gelap

Jika dapur Anda di rumah memiliki ukuran kecil dan ruang yang sangat terbatas, konsep desain satu ini bisa Anda terapkan tanpa harus menghilangkan aksen bergaya Jawa kuno.

Meskipun nantinya tampak lebih sederhana, keberadaan kitchen set berbahan kayu dengan warna gelap bisa menonjolkan keunikan tersendiri lho!

Poin yang bisa Anda tambahkan untuk memperlihatkan dapur bergaya Jawa kuno adalah keberadaan backsplash yang memanfaatkan material keramik kotak-kotak kecil dan warna-warni.

Tambahkan jendela berbahan kayu, untuk mendukung kebiasaan masyarakat Jawa yang kental akan bahan kayu sebagai material utama sebuah bangunan.

Kemudian, bagian kusen biarkan saja ala kadarnya tanpa memberikan finishing berlebihan. Tujuannya adalah memperlihatkan kesan usang dan alami dari kayu itu sendiri. Terakhir, Anda bisa menambahkan dekorasi berupa tanaman-tanaman merambat berdaun hijau.

3.Kitchen Set Semarang Menawarkan Dapur Terbuka dengan Ciri Khas Jawa

Dapur dan kitchen set bergaya Jawa kuno modern satu ini menerapkan konsep terbuka dan menyatu dengan alam.

Dapur ini hanya cocok untuk hunian yang memiliki area terbuka dan halaman pada bagian belakang rumah.

Silir-silir angin, suara gesekan dedaunan, dan serangga seperti jangkrik bisa menciptakan suasana yang kental dengan aktivitas di dapur bergaya Jawa kuno.

Meski wujudnya terbuka, dari berbagai sudut pun terlihat sangat memesona dan menawan. Konsep dapur Jawa kuno dengan kitchen set yang sudah dimodernisasi ini, tidak memiliki satu pun meja untuk menunjang aktivitas.

Hanya ada spot gantungan khusus yang bisa Anda manfaatkan untuk menggantung berbagai perabot dapur.

Perabot utama dapur pun bisa menggunakan perabot lawas seperti keranjang rotan hingga kompor dengan kayu bakar. Justru perabot-perabot lawas inilah yang nantinya bisa menunjukkan sisi tradisional dari dapur Jawa kuno.

kitchen set semarang

4.Dapur Bergaya Etnik Jawa Ala Kitchen Set Semarang

Meski menerapkan konsep etnik Jawa, dapur dan kitchen set satu ini bisa menggunakan kulkas dan kompor canggih untuk memberi sentuhan modern.

Yang perlu Anda perhatikan adalah pemilihan warnanya harus sesuai dan selaras dengan perabotan bergaya tradisional agar tidak terkesan berlebihan atau terlalu memaksa.

Mungkin banyak yang mengira konsep ini akan membuat dapur tampak aneh, namun nyatanya malah berhasil menciptakan dapur bergaya Jawa kuno menjadi lebih modern dan banyak jadi inspirasi bagi hunian-hunian minimalis modern.

5.Dapur Modern Menyatu Dengan Ruang Makan Terbuka

Dapur dengan konsep terbuka akhir-akhir ini memang masih menjadi primadona di daerah perkotaan.

Namun faktanya, konsep ini bisa dengan mudah Anda kombinasikan dengan desain dapur Jawa kuno dan tradisional.

Kitchen set pada dapur ini bisa Anda buat dengan memadukan unsur dinding beton yang acian tanpa finishing cat dan kayu yang dibiarkan terekspos tanpa finishing apapun.

Sementara untuk dekorasinya sendiri menonjolkan gaya lawas, namun tetap menggunakan beberapa perabot modern. Agar kitchen set Anda tampak lebih alami dan berwarna, Anda bisa menambahkan sedikit sentuhan tanaman hijau di beberapa sudutnya.

6.Dapur Dominan Hijau dengan Sentuhan Kayu Khas Jawa

Dapur dan kitchen set ala kampung bisa terwujud berkat pemilihan warna yang tepat. Warna pastel menjadi pilihan tepat untuk mewujudkan dapur modern bergaya Jawa kuno.

Anda bisa menggunakan warna pastel hijau untuk menciptakan kesan alami. Jangan lupa padukan dengan kitchen set berbahan kayu finishing cokelat tua.

Jika memungkinkan, pasang beberapa jendela kayu yang finishingnya senada dengan kitchen set dan buat backsplash bermotif mozaik yang indah.

Dengan menerapkan beberapa aksen di atas, kesan dapur bergaya Jawa kuno  akan tampak jelas tergambar di dapur modern Anda.

7.Dapur Minimalis Ala Kampung Jawa

Dapur minimalis ala kampung Jawa ini tidak banyak terdapat kitchen set. Kitchen set hanya berupa pintu kabinet di bawah meja dapur.

Untuk menambah kesan kampung Jawanya, meja dapur yang terbuat dari beton dibiarkan tanpa adanya finishing.

Dinding dapur yang tampak sederhana namun tetap mempertahankan gaya modernnya ini, bisa Anda buat dengan memanfaatkan lempengan kayu. Setiap lempengan kayu Anda susun sedemikian rupa dengan jarak tertentu.

Hal ini bertujuan untuk memastikan sirkulasi udara bisa berjalan dengan baik. Anda jadi bisa merasakan udara segar secara langsung, bebas gerah dan bebas dari bau tidak sedap

8.Dapur Khas Jawa Dengan Tambahan Aksen Lukisan

Dinding dengan aksen lukisan ternyata sangat pas Anda padukan dengan dekorasi khas Jawa kuno modern.

Utamakan penggunaan material vintage untuk kitchen set dan kabinetnya. Eksplor setiap sisi dinding dengan bahan material berbeda-beda. Misalnya satu sisi menggunakan batu bata ekspos, sisi lain menggunakan cat pastel, sisi lainnya menggunakan keramik mozaik bermotif indah.

Perbedaan material pada dinding ini ternyata mampu menciptakan suasana ala dapur khas Jawa. Tidak lupa pada bagian dinding bercat pastel, tambahkan aksen lukisan seperti rusa atau lukisan minimalis lainnya.

Apa keuntungan yang ditawarkan Kitchen Set Semarang dari konsep dapur Jawa Kuno yang sudah dimodernisasi?

Dengan memadukan konsep tradisional dan modern pada dapur rumah Anda, tentu bisa menjadi nilai tambah, daya pikat dan pusat perhatian banyak orang yang berkunjung ke rumah Anda.

Di samping itu, keunikan sebuah hunian ternyata mampu mendongkrak harga jual dari hunian itu sendiri di masa mendatang.

Baca juga: Prediksi Tren Jasa Desain Interior Jawa Tengah 2024, 6+ Desain Ini Digadang-Gadang Bakal Booming

Jika Anda berminat memadu padankan konsep tradisional dan modern pada area dapur, konsep Jawa kuno yang sudah dimodernisasi di atas bisa jadi inspirasi menarik.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan layanan jasa kitchen set Semarang profesional ya!