Bosan dengan Mushola Rumah yang Monoton? Coba Terapkan Model Minimalis Modern dan Cantik Ini

Furniture Interior Salatiga – Setiap keluarga muslim, pasti mendambakan tempat ibadah yang nyaman di dalam rumah. Salah satu caranya adalah dengan membuat mushola kecil di dalam rumah.

Bagi mereka yang rumahnya dekat dengan tempat ibadah mushola atau masjid mungkin tidak terlalu membutuhkan tempat khusus di rumah ya.

Namun bagi mereka yang rumahnya cukup jauh dengan tempat ibadah, memiliki mushola kecil di dalam rumah bisa jadi prioritas.

Baca juga: Rekomendasi Dapur Mewah dan Cantik yang On Budget, Berikut Ide Desainnya

Dengan kehadiran tempat ibadah yang nyaman di dalam rumah, setiap anggota keluarga jadi lebih khusyuk selama beribadah. Mulai dari sholat lima waktu, mengaji atau bahkan belajar ilmu agama bersama seluruh anggota keluarga.

Pada hunian masa kini, keberadaan mushola seringkali menambah nilai lebih terutama nilai estetika.

Apakah Anda tertarik dan berniat membangun sebuah ruangan khusus untuk beribadah? Di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi mushola minimalis keren, modern dan kekinian yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai sumber referensi dan inspirasi.

Daftar Model Mushola Minimalis Modern dan Cantik dari Furniture Interior Salatiga

furniture interior salatiga

1.Mushola Berkelas dan Elegan Rekomendasi Furniture Interior Salatiga

Konsep satu ini sangat cocok Anda aplikasikan pada hunian yang cenderung mengutamakan desain mewah dan berkelas. Sentuhan berkelas bisa Anda hadirkan melalui berbagai ornament berkualitas tinggi maupun beragam jenis ukiran yang unik.

Konsep mewah semacam ini bisa menciptakan suasana seperti sedang berada di masjid. Mengingat desain masjid masa kini sebagian besar dibangun megah dan mewah demi kenyamanan umat.

Untuk meningkatkan kesan elegan, Anda juga bisa menambahkan beberapa lampu gantung dengan bohlam lampu berwarna kuning. Selain itu, untuk memaksimalkan pencahayaan juga bisa Anda pasang lampu dinding dengan warna yang senada.

Dengan adanya pencahayaan yang maksimal ini, diharapkan Anda bisa beribadah dengan tenang dan lebih khusyuk. Terlebih saat malam hari atau menjelang subuh, yang kadang-kadang sering ada drama rasa takut

2.Konsep Dominan Warna Biru yang Bisa Menciptakan Suasana Tenang dan Damai

Siapa sangka, keberhasilan dalam menciptakan suasana yang lebih tenang dan damai pada sebuah ruangan adalah dengan mengaplikasikan warna biru. Biru yang dimaksud bukan sembarang biru ya! Anda bisa menggunakan warna biru dongker atau navy dengan kombinasi biru pastel.

Hal ini juga bisa Anda terapkan saat sedang membangun mushola di dalam rumah. Kombinasi kedua warna biru di atas sangat cocok dalam memberi ketenangan dan meningkatkan kekhusyukan selama beribadah bersama anggota keluarga.

Untuk menambah kesan islami dan mencegah hal-hal yang sifatnya mengganggu ketentraman, Anda bisa memasang kaligrafi ayat kursi. Usahakan untuk memilih frame berwarna putih atau silver untuk menambah kesan elegan pada mushola.

Selain itu guna memaksimalkan kenyamanan Anda selama beribadah, tidak ada salahnya jika Anda memasang karpet khusus berwarna biru berikut bantalan lantai. Dengan begitu, saat Anda sedang belajar ilmu agama seperti membaca Al-Qur’an bisa betah berlama-lama.

Terakhir, sebagai pelengkap atmosfer ketenangan pada mushola, Anda bisa menyediakan nakas. Di bagian atas nakas silahkan letakkan vas bunga kaca atau kristal beserta bunga segar.

3.Model Mushola Space Saving Minimalis Modern Inspirasi Furniture Interior Salatiga

Keberadaan mushola di dalam hunian, kebanyakan selalu memperhatikan yang namanya space saving. Terlebih pada hunian di area perkotaan yang mempunyai karakteristik lahan terbatas. Melihat fakta tersebut, sebenarnya tidak menjadi masalah kok!

Dengan memaksimalkan penggunaan ruang yang ada, Anda tetap bisa menghadirkan mushola minimalis modern, tetapi juga mengedepankan space saving.

Ide paling tepat untuk mendukung space saving adalah dengan membuat sistem di dalamnya lebih terorganisir seperti mengutamakan penggunaan furniture cerdas. Saat ini sangat banyak pilihan furniture cerdas yang bisa Anda lipat dengan mudah dan multifungsi.

Contoh paling mudah seperti meja baca tulis Al-Qur’an yang bisa Anda lipat. Kemudian rak ambalan untuk penyimpanan Al-Quran dan buku keagamaan lainnya dengan bentuk vertikal. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa aksen pencahayaan untuk menambah kesan modern.

Cukup dengan menyediakan ruang 1,5×2 meter saja, mushola modern yang space saving bisa segera Anda wujudkan.

4.Model Modern dengan Konsep Warna-warni

Beberapa orang mungkin senang dengan desain dan konsep ruangan yang cenderung ceria. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, Anda bisa memanfaatkan kombinasi beberapa warna ceria.

Konsep warna-warni ternyata juga bisa Anda terapkan pada mushola di rumah lho! Konsep ini bisa Anda hadirkan melalui furniture, hiasan dan dekorasi lainnya. Jadi Anda tidak harus mengecat dinding dengan banyak warna ya. Cukup dua warna saja sudah oke.

Ruangan ibadah semacam ini, sangat cocok untuk menarik minat anak-anak agar semangat dalam beribadah dan belajar agama.

Beberapa warna dekorasi terbaik yang bisa Anda pilih seperti biru, hijau, atau kuning yang mampu menciptakan energi positif dan semangat selama berada mushola.

Sebagai sentuhan akhir, hadirkan lampu baca untuk meningkatkan kenyamanan dan menambah estetika.

5.Konsep Monokrom Penuh Inovasi dan Teknologi

Pengalaman ibadah di rumah yang menyenangkan bisa hadir karena Anda berhasil dalam memanfaatkan teknologi dan inovasi. Sebagai bagian dari sistem modern pada mushola, Anda bisa menghadirkan sound system ciamik yang nantinya bermanfaat untuk aplikasi digital yang berisi panduan ibadah hingga lantunan ayat suci.

Guna mendukung modernisasi mushola tersebut, warna monokrom jadi salah satu rekomendasi terbaik untuk hunian minimalis Anda. Jika Anda mampu menerapkannya dengan benar, nuansa futuristik dan timeless bisa tercipta hanya dalam satu konsep saja yakni monokrom berbasis teknologi.

6.Mushola Bernuansa Tropis Masa Kini Persembahan Furniture Interior Salatiga

Nuansa modern tropis kerap kali menjadi primadona untuk desain berbagai ruangan termasuk dalam pembuatan mushola di dalam rumah. Gabungan antara unsur tropis dan modern, ternyata sangat ampuh dalam menciptakan suasana alami dan hangat.

Dalam hal ini Anda bisa memilih beberapa perabot yang mengutamakan unsur alami. Salah satu contohnya bisa dengan memilih bahan lantai dari parket kayu dan beberapa tanaman hias. Selain menyegarkan mata, tampilan ruangan seperti ini sangatlah menawan.

Kemudian untuk meningkatkan kesan religious, beberapa aksen dekorasi seperti ukiran dan kaligrafi bertuliskan ayat-ayat Al-Qur’an bisa Anda hadirkan.

7.Mushola Super Simpel dan Minimalis Modern

Konsep desain mushola super simple, namun mengedepankan sisi minimalis modern bisa Anda ciptakan dengan menekankan kesederhanaan dan kebersihan.

Dekorasi, aksesori dan furniture yang sederhana sangat tepat untuk mendukung konsep satu ini. Meskipun sederhana, Anda bisa dengan mudah dalam proses pembersihan sehingga mushola bisa terlihat bersih dan rapi sepanjang hari.

Baca juga: Ingin Dinding Ruang Tamu Tampak Catchy dan Unik, Gunakan Variasi Desain Ini

Warna cat paling cocok yang bisa Anda pilih adalah putih dengan kombinasi warna lain yang lembut. Bagi Anda yang menyukai desain rumah dua lantai, Anda bisa memaksimalkan ruang di bawah tangga sebagai mushola.

Jadi, Anda tertarik dengan model yang mana nih? Kedelapan model di atas sangat layak dan cocok untuk Anda jadikan sebagai inspirasi saat hendak membangun mushola di rumah. Jika membutuhkan bantuan dan konsultasi seputar desain serta penataan interior mushola lainnya, jangan ragu untuk menghubungi Q Interior dan Architecture ya. Semua masalah furniture interior Salatiga pasti bisa kami bantu carikan solusi!