Seberapa Fungsional Custom Furniture Kamar Itu? Ternyata Segini Estimasi Biaya Membuatnya

Keberadaan custom furniture kamar saat ini semakin banyak diminati di berbagai kalangan masyarakat pada umumnya. Khususnya bagi mereka yang memang mempunyai minat terhadap desain furnitur minimalis.

Banyaknya pilihan material hingga model, custom furniture lebih fleksibel ketimbang furniture jadi. Ukurannya yang bisa Anda atur sesuai kebutuhan, sangat cocok untuk mengisi kekosongan kamar yang memiliki ruang terbatas sekalipun seperti di kota-kota besar metropolitan.

Baca juga: Fitur Canggih di Dapur Bukan Hanya Mimpi, Jasa Kitchen Set Jawa Tengah Bisa Menghadirkannya Untuk Anda

Sebelum membahas lebih jauh lagi seputar custom furniture kamar, mari Anda pahami dulu definisi dari custom furnitur itu sendiri.

Definisi dari Custom Furnitur

Custom furnitur bisa didefinisikan sebagai perabotan yang dipesan khusus dengan ukuran dan model tertentu sesuai kebutuhan para pengguna. Jadi dalam hal ini para pengguna tidak membeli furnitur yang langsung jadi dan terpampang di workshop dengan ukuran standar.

Dengan memilih furnitur ini, Anda bisa dengan leluasa menyesuaikan model dan ukuran sesuai dengan kondisi ruangan maupun selera Anda.

Custom furniture menawarkan beberapa keunggulan yang salah satunya ialah tidak membutuhkan tempat yang luas dan sangat cocok Anda gunakan pada kamar-kamar di rumah minimalis.

Ingin tau apa saja keunggulan lain jika memilih custom furnitur? Silahkan baca artikel ini sampai selesai ya!

Apa saja keunggulan dari Custom Furnitur?

Seperti informasi di atas bahwa custom furnitur menawarkan fleksibilitas tinggi yang bisa diatur sedemikian rupa sesuai kebutuhan masing-masing penggunanya. Selain itu, terdapat beberapa keunggulan lain yang bisa Anda rasakan nantinya, seperti:

1.Bisa Disesuaikan dengan Berbagai Layout

Fleksibilitas yang ditawarkan oleh custom furniture membuka peluang besar dalam menciptakan tampilan interior yang lebih harmonis dan seimbang dengan konsep hunian.

Berbeda dengan furnitur standar yang cenderung lebih sulit untuk dipadu-padankan dengan desain interior pada umumnya.

2.Bebas Memilih Material Terbaik dengan Budget Terbatas

Dibanding dengan perabot yang dibuat dalam jumlah banyak atau diproduksi massal, custom furnitur cenderung menawarkan tingkat ketahanan yang lebih baik.

Anda jadi bisa menikmati penggunaan dalam waktu yang lebih lama dengan tingkat keawetan yang tidak main-main karena bisa bebas memilih material terbaik.

3.Memiliki Furnitur yang Tidak Pasaran

Dengan memiliki custom furnitur, kepribadian Anda bisa tergambar pada furnitur anti pasaran yang Anda pesan.

Disisi lain, furnitur yang Anda buat tidak akan ditemukan di tempat lain karena memang tidak pasaran.

4.Nilai Sentimental dan Nilai Estetika Cenderung Lebih Tinggi

Dari sisi pemilik, custom furnitur pastinya mempunyai cerita dan makna khusus. Tidak hanya dari segi estetika yang Anda utamakan, melainkan kekuatan emosional di dalamnya menjadi nilai tersendiri sehingga bisa tercipta mahakarya sesuai kepribadian.

5.Peluang Untuk Kolaborasi

Ide-ide kreatif yang tidak mungkin terwujud di furnitur standar, bisa terealisasi jika Anda memilih untuk membuat custom furnitur.

Untuk mewujudkannya, Anda bisa menjalin kolaborasi bersama layanan profesional yang terbiasa mengerjakan proyek furnitur custom.

Mulai dari bertukar ide, konsep dan hal menarik lainnya untuk menciptakan produk furnitur berkualitas sesuai keinginan. Justru dengan adanya banyak pesanan kolaborasi custom furnitur bisa menambah portofolio penyedia layanan jasa.

custom furniture kamar

6.Beberapa Kasus Menawarkan Kemudahan dalam Perawatan

Pemilihan bahan yang serba bebas, membuka peluang besar bagi pemilik custom furnitur untuk mendapatkan kemudahan selama proses perawatan masing-masing furnitur.

Mulai dari memilih material yang bisa tahan terhadap keausan, hingga material yang mudah dalam proses pembersihannya. Selain itu, material dan komponen tambahan penunjangnya pun bisa Anda pilih sesuka hati.

Berbeda dengan pembelian furnitur yang sudah jadi, Anda harus sudah benar-benar siap dengan segala kemungkinan, termasuk sulitnya dalam proses perawatan.

7.Kepuasan Pribadi Terpenuhi

Dari segi kepuasan pribadi, custom furnitur jelas mampu memenuhinya. Mengingat custom furnitur yang unik pembuatannya sedemikian rupa dengan penuh cerita, makna dan kepribadian kuat para pemiliknya. Kekhasan itulah yang mampu mewujudkan kepuasan lahir maupun batik.

Terlepas dari 7+ keunggulan custom furnitur di atas, proses pembuatannya membutuhkan biaya lebih mahal dan waktu yang tidak sebentar. Ini juga harus menjadi pertimbangan lebih lanjut bagi Anda semua yang ingin membuatnya.

Namun, jika Anda benar-benar menginginkannya, lakukan riset dan analisis terlebih dahulu sehingga bisa mendapatkan harga kisaran harga terbaik.

Lantas berapa estimasi biaya per meter untuk pesan custom furniture kamar?

Sebagai gambaran untuk menyiapkan budget, di bawah ini terdapat pembahasan mengenai estimasi harga custom furnitur per meter.

Harga custom furnitur per meter di setiap daerah di Indonesia pasti berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, mulai dari jarak, medan, kemudahan akses, cara mendapatkan bahan, biaya pengrajin dan lain sebagainya.

Cara perhitungan estimasi harganya berdasarkan luas ruangan atau panjang x lebar x tinggi furnitur yang akan dibuat. Selanjutnya akan disesuaikan dengan elemen struktur dan proses finishingnya.

1.Berdasarkan Finishingnya

Agar lebih jelas, berikut rincian harga berdasarkan finishingnya:

  • Bahan dasar kayu mahoni dengan menggunakan finishing cat duco kisaran harga mulai dari Rp 3 juta per meternya.
  • Material utama kayu jati dengan menggunakan finishing cat melamik kisaran harga mulai dari Rp 2,8 juta per meternya.
  • Furnitur dengan bahan dasar kayu jati dan finishing politer kisaran harga mulai Rp 2,5 juta per meternya.
  • Bahan dasar plywood dengan finishing cat duco kisaran harga Rp 2,2 juta per meternya.
  • Material utama plywood dengan finishing cat melamik kisaran harga mulai Rp 2,1 juta per meternya.
  • Furnitur dengan bahan dasar plywood dengan finishing HPL kisaran harga mulai Rp 1,9 juta per meternya.

2.Berdasarkan Jenis

Selain harga per meter custom furnitur berdasarkan proses dan bahan finishingnya, di bawah ini terdapat estimasi harga berdasarkan jenisnya:

  • Meja belajar HPL atau meja kerja HPL kisaran harga per meternya mulai dari Rp 1,95 juta
  • Rak pajangan HPL / rak buku HPL / ambalan kisaran harga per meternya mulai dari Rp 550 ribu
  • Ranjang kasur HPL / dipan kisaran harga per meternya mulai dari Rp 1,95 juta
  • Nakal HPL kisaran harga per meternya mulai dari Rp 1,45 juta
  • Sofa bed / sofa custom kisaran harga per meternya mulai dari Rp 2,45 juta
  • Walk ini closet kisaran harga per meternya mulai dari Rp 1,95 juta
  • Rak TV / meja TV / lemari TV HPL kisaran harga per meternya mulai dari Rp 1,85 juta

Itulah beberapa informasi lengkap terkait dengan estimasi harga per meter berdasarkan beberapa aspek yang mungkin bisa Anda jadikan sebagai pedoman.

Baca juga: Tips Custom Furnitur Semarang Untuk Hunian, No 1 Tidak Boleh Diremehkan

Tertarik untuk membuat custom furniture kamar berkualitas dengan harga terbaik, layanan dari Q Interior siap membantu Anda untuk mewujudkan impian memiliki hunian yang lebih dari nyaman dan berkesan.

Jangan sampai salah pilih layanan jasa dan berujung kecewa. Mengingat furnitur Anda beli tidak untuk tujuan penggunaan jangka pendek, melainkan untuk jangka panjang.