Tips Custom Furnitur Semarang Untuk Hunian, No 1 Tidak Boleh Diremehkan

Custom Furnitur Semarang – Sedang mencari furnitur untuk mengisi hunian baru tapi belum menemukan yang cocok? Atau sudah mendapatkan yang cocok, namun ukurannya terlalu besar dan tidak sesuai dengan ukuran ruangan?

Daripada galau dan resah memikirkan drama memilih furnitur yang tak kunjung selesai, mending custom furnitur Semarang saja.

Baca juga: Fitur Canggih di Dapur Bukan Hanya Mimpi, Jasa Kitchen Set Jawa Tengah Bisa Menghadirkannya Untuk Anda

Apa itu Custom Furnitur Semarang?

Custom furnitur Semarang merupakan perabot yang dibuat dengan ukuran dan model yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan termasuk ukuran ruangan dan lain sebagainya.

Custom furnitur secara langsung bisa memberi kebebasan bagi para konsumen untuk mendapatkan ukuran yang pas, warna yang unik, dan model yang sesuai dengan keinginan.

Selain itu, custom furnitur juga bisa Anda sesuaikan dengan kepribadian penggunanya. Ditambah lagi keuntungan dari segi harga yang bisa Anda atur sedemikian rupa berdasarkan kemampuan.

Tertarik untuk membuat custom furnitur? Di bawah ini terdapat pembahasan lengkapnya.

Cara Pesan Custom Furnitur Semarang Terlengkap

Bagi Anda yang ingin custom furnitur, ada beberapa cara yang harus Anda perhatikan, diantaranya adalah:

1.Pertimbangkan Dimensi Ruangan

Dimensi ruangan menjadi hal paling dasar yang harus Anda pastikan. Untuk memastikannya, Anda bisa request pada layanan jasa yang hendak Anda gunakan seperti arsitek atau desainer interior. Namun jika Anda ingin lebih hemat biaya, melakukan pengukuran secara mandiri bisa jadi pilihan.

Adanya data ukuran ruangan yang lengkap dan jelas, bisa membantu memudahkan Anda selama proses penyesuaian perabot. Di samping itu, dengan keberadaan denah dan data yang akurat, bisa meminimalisir berbagai kesalahan yang mungkin saja terjadi di masa mendatang. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan juga untuk mengurangi over budget hingga kerugian yang lebih fatal lagi.

2.Utamakan Kenyamanan Selama Custom Ukuran Furnitur

Kurangnya pengetahuan tentang informasi seputar standar dimensi furnitur, seringkali menjadi permasalahan utama selama proses custom furnitur.

Terlebih lagi jika proses custom furnitur tidak ada panduan ukuran yang baku sama sekali, pasti akan berdampak menimbulkan ketidaknyamanan pada furnitur itu sendiri.

Parahnya lagi, dampak tersebut ternyata tidak hanya berlaku jangka pendek, melainkan berpotensi menimbulkan masalah jangka panjang.

Misalnya saja standar ukuran tidak sesuai dengan postur tubuh sehingga menimbulkan dampak buruk. Meskipun tidak menggunakan arsitek dalam proses pengukuran untuk menghemat biaya, tidak ada salahnya jika Anda tetap melakukan konsultasi dengan ahlinya.

Biasanya layanan jasa custom furnitur menyediakan layanan konsultasi gratis kok, jadi bisa Anda manfaatkan untuk agar bisa mendapatkan hasil custom furniture sesuai harapan.

3.Kumpulkan Inspirasi dan Berbagai Contoh

Untuk mendapatkan hasil yang lebih oke dan kekinian, mencari inspirasi dan contoh dari banyak sumber wajib Anda lakukan. Semakin banyak inspirasi dan contoh, bisa membantu Anda menemukan desain furnitur mana yang paling cocok dan sesuai dengan kepribadian serta konsep pada hunian Anda.

Beberapa tempat untuk mencari inspirasi bisa bersumber dari media sosial, situs website, atau majalah khusus dekorasi. Namun tidak ada salahnya jika Anda juga mencari inspirasi dengan berkunjung ke workshop atau pameran furniture dan semacamnya.

Custom Furnitur Semarang

4.Deskripsikan Sedetail-detailnya Terkait Custom Furnitur yang Anda Inginkan

Selama proses konsultasi, sebaiknya Anda menjelaskan secara rinci dan detail tanpa melewatkan satu hal pun.

Untuk memberikan gambaran dan memperjelas desain seperti yang Anda inginkan, coba carikan referensi yang sekiranya mendekati. Jika perlu, tanyakan apakah penyedia layanan jasa tersebut menyediakan layanan gratis dalam bentuk 3D preview atau tidak.

Dengan adanya 3D preview ini, Anda bisa mengetahui sejauh mana pihak penyedia layanan paham tentang apa yang Anda inginkan. Berbeda jika langsung eksekusi tanpa membuatkan sketsa terlebih dahulu, resiko kesalahan akan jauh lebih besar.

5.Pastikan Anda Sudah Benar-benar Paham dengan Karakteristik Material

Furnitur pada umumnya bisa dibuat dengan berbagai macam material sesuai kebutuhan. Perlu Anda pahami, bahwasannya masing-masing material mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Untuk memastikan material yang Anda pilih tidak salah, sebaiknya Anda membuat daftar fitur terlebih dahulu.

Dari situ nantinya Anda bisa tau material mana saja yang layak untuk Anda prioritaskan. Selanjutnya, Anda tinggal konsultasi bersama penyedia layanan, apakah daftar yang Anda buat sudah sesuai atau belum.

Setiap masukan dan rekomendasi dari pihak profesional, tentu akan sangat berharga untuk menunjang hasil yang lebih maksimal.

6.Lakukan Pengecekan Secara Menyeluruh Sebelum Eksekusi

Setelah semua data lengkap dan siap untuk lanjut ke proses eksekusi, sebaiknya Anda lakukan pengecekan secara menyeluruh bersama pihak penyedia jasa. Cek dan telitilah satu persatu untuk memastikan tidak ada hal yang terlewatkan dan salah.

Harapannya, dengan melakukan pengecekan akhir, kedua belah pihak bisa sama-sama menikmati keuntungan tanpa harus khawatir rugi di masa mendatang.

7.Aktif Melibatkan Diri dan Melakukan Pengecekan Progress

Lakukan komunikasi Meskipun Anda sudah menaruh kepercayaan kepada layanan jasa, Anda tetap saja harus melibatkan diri selama proses pembuatan custom furniture tersebut.

rutin setiap harinya untuk memastikan tidak ada kendala atau mis komunikasi. Selain itu, tidak ada salahnya jika Anda menanyakan progress harian selama pertanyaannya masih wajar.

Luangkan sedikit waktu untuk melakukan peninjauan langsung ke lokasi pengerjaan agar bisa berdiskusi lebih lanjut terkait perkembangannya. Sekiranya terdapat ketidaksesuaian fisik bisa langsung mendapatkan penanganan.

Berbeda cerita jika Anda membiarkannya tanpa melakukan monitoring sama sekali, tentu progressnya pun pasti berbeda. Yang di monitoring mampu berprogress lebih cepat ketimbang yang dibiarkan begitu saja tanpa ada campur tangan dan kontrol.

Keterbatasan waktu biasanya memang menjadi kendala terbesar dalam hal monitoring, namun jangan jadikan alasan untuk tidak memonitoringnya sama sekali. Anda bisa kok minta update informasi dari foto atau video.

Pilih Layanan Jasa yang Dekat atau Jauh?

Setelah mengetahui apa saja yang harus dilakukan sebelum custom furnitur, lokasi layanan jasa yang hendak Anda gunakan juga harus dipertimbangkan.

Mau pakai layanan jasa yang dekat atau jauh sebenarnya tidak menjadi masalah. Yang terpenting adalah Anda harus tau dimana alamat kantor atau workshopnya.

Apa alasannya? Dengan mengetahui alamat kantornya, jika terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan bisa langsung mendatangi kantor operasionalnya. Misal untuk komplain kesalahan, klaim garansi dan kebutuhan lainnya.

Baca juga: Ingin Membuat Custom Kitchen Set, Poin Ini Harus Anda Pahami Dulu

Selama berkomitmen, profesional dan terpercaya, mau jauh atau dekat oke-oke saja ya. Dalam hal ini, Anda harus siap dengan segala resiko yang terjadi termasuk untung rugi dari keduanya. Kalau dekat, Anda mudah untuk menjangkau lokasi, namun kalau jauh ya butuh biaya dan waktu lebih.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda ikuti sebelum melakukan pemesanan custom furnitur Semarang. Semoga pembahasan di atas sedikit banyak bisa membantu Anda selama proses pembuatan custom furnitur.

Setiap proses pembuatan custom furnitur, pasti ada cerita dan pengalaman menarik dari masing-masing pemiliknya. Yuk buat cerita menarik Anda selama pembuatan custom furnitur bersama Q Interior!