Ingin Membuat Custom Kitchen Set, Poin Ini Harus Anda Pahami Dulu

Memutuskan untuk membuat kitchen set, artinya Anda sudah punya gambaran konsep dan desainnya. Hal yang paling tidak diinginkan selama proses pembuatan kitchen set adalah menggunakan konsep dan desain yang pasaran. Jadi tidak ada nilai tambah dan keunikannya  lagi.

Baca juga: Fitur Canggih di Dapur Bukan Hanya Mimpi, Jasa Kitchen Set Jawa Tengah Bisa Menghadirkannya Untuk Anda

Untuk itu, pembuatan custom kitchen set sangat disarankan ketimbang beli jadi yang desainnya itu-itu saja. Namun perlu Anda perhatikan, dalam memilih layanan jasanya pun tidak boleh sembarangan agar hasil yang Anda dapatkan bisa sesuai harapan.

Lantas hal apa saja yang harus diperhatikan?

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Hendak Custom Kitchen Set

Berikut ini terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan, di antaranya seperti:

1.Penyesuaian Ukuran Kitchen Set dengan Ukuran Dapur

Sebelum mematangkan desain yang hendak Anda aplikasikan pada kitchen set, ada baiknya jika Anda sudah menyesuaikannya dengan ukuran dapur secara real di lapangan. Jangan sampai keliru karena akan berujung munculnya kesalahan fatal dan memicu kerugian lebih serius lagi.

Sedikit saja kesalahan dalam pengukuran kitchen set, bisa membuat kitchen set tersebut tidak bisa Anda gunakan dan sia-sia belaka. Maka dari itu, lebih baik menyerahkan proses pengukurannya pada layanan jasa yang sudah profesional untuk meminimalisir kesalahan.

2. Pastikan Sudah Sesuai dengan Kebutuhan

Desain dan ukuran kitchen set saat ini sangatlah beragam. Agar manfaatnya bisa Anda rasakan lebih maksimal, Anda bisa menyesuaikannya dengan barang-barang yang ada di rumah. Misalnya begini, jika Anda mempunyai banyak peralatan dapur, artinya Anda membutuhkan banyak ruang penyimpanan dan sebaliknya.

Kabinet pada kitchen set, seharusnya sudah bisa mengatasi masalah penyimpanan. Jangan sampai setelah kitchen set jadi, dapur Anda malah berantakan dan banyak peralatan dapur yang tercecer di banyak tempat. Sehingga berdampak pada sulitnya menemukan peralatan dapur tersebut saat hendak Anda pakai.

Dengan adanya custom kitchen set, harapannya adalah dapur menjadi lebih rapi dan terhindar dari barang yang berserakan.

3. Pahami Setiap Jenis Material Kitchen Set

Banyak orang terlena dan terbuai dengan tampilan luar kitchen set. Mulai dari kekinian, unik lucu dan lainnya. Dampak dari kepincut dengan tampilan luar tersebut menjadikannya lupa ada hal yang lebih penting dari itu yakni material kitchen set.

Tidak memperhatikan material kitchen set sangat berpengaruh pada biaya maintenance. Bagaimana jika banyak pengeluaran untuk itu, pastinya boncos dong?

Ingat, material yang digunakan dalam membuat kitchen set memiliki tingkat ketahanan yang berbeda-beda. Yang menjadi pertimbangan Anda tingkat ketahanan dalam menopang beban peralatan dapur.

Untuk itu, penting bagi Anda mempertimbangkan matang-matang selama proses pemilihan material pada kitchen set. Salah pilih bisa berujung boncos hingga rugi besar karena harus ganti dengan kitchen set baru lagi.

Custom Kitchen Set

4. Pengaturan yang Cermat

Sebelum memutuskan untuk membuat kitchen set di dapur, ada baiknya Anda membuat daftar lengkap terkait barang-barang yang sudah ada dan sudah Anda rencanakan.

Tujuannya adalah untuk menentukan seberapa banyak kapasitas yang Anda butuhkan dalam proses penyimpanan barang-barang tersebut.

Penataan peralatan dapur yang baik, sangat menentukan tingkat kenyamanan selama beraktivitas di dapur. Selain itu, dari segi visual pun tampak lebih rapi dan enak untuk dipandang.

Di samping itu, keseimbangan antara perabot dan ruang penyimpanan, bisa memudahkan Anda selama proses pembersihan maupun proses penataan ulang.

Jadi, Anda tidak bingung lagi dalam proses penyimpanan antara barang yang sering Anda gunakan dan barang yang jarang Anda gunakan.

5.Pilih Model yang Sesuai dengan Konsep Hunian

Setelah ukuran kitchen set sudah Anda putuskan bersama dengan penyedia layanan jasa, waktunya memilih model yang paling sesuai dengan konsep hunian dan dapur Anda. Keserasian antara model kitchen set dengan hunian dan dapur sangat menentukan daya tarik dari konsep secara keseluruhan.

Model kitchen set yang tidak sesuai, sangat mempengaruhi nilai estetika. Salah pilih model bisa berujung tampil nyeleneh, menurunkan harga jual hunian hingga merusak pemandangan interior hunian Anda.

Jadi, mulai sekarang jangan lagi mengesampingkan pemilihan model kitchen set ya!

6.Pemilihan Warna Dominan atau Kombinasi

Selain model, warna juga menjadi penentu daya tarik kitchen set secara keseluruhan. Mau memilih warna dominan atau warna kombinasi? Bisa Anda sesuaikan dengan selera dan konsep dari hunian serta dapur.

Warna dominan misalnya seperti full satu warna atau terdapat sedikit warna lain sebagai kombinasi. Sementara warna kombinasi merupakan perpaduan dari dua warna atau lebih dengan komposisi seimbang.

Bagi Anda yang suka dengan warna netral dan kalem, kitchen set dengan warna dominan mungkin bisa jadi pilihan terbaik. Sedangkan Anda yang suka dengan unsur keceriaan, kitchen set dengan kombinasi warna sangat direkomendasikan.

7.Analisis dan Survei Penyedia Layanan Jasa

Selain beberapa poin di atas, poin terakhir ini juga tidak kalah penting lho. Berhasil tidaknya atau sesuai tidaknya kitchen set yang Anda inginkan, sangat bergantung pada kualitas dari layanan jasa yang Anda pilih dan gunakan.

Untuk itu penting bagi Anda melakukan analisis dan survei terlebih dahulu secara mendalam terhadap layanan jasa. Silahkan cari data sebanyak-banyaknya dari media sosial, internet, website atau media lainnya. Jika memungkinkan, datangi langsung workshop agar lebih yakin dan mendapatkan fakta serta data valid di lapangan.

Jangan lupa untuk berbincang-bincang dengan menggali informasi dari pihak penyedia layanan. Tujuannya adalah mengukur tingkat profesionalitas dari layanan yang hendak Anda gunakan.

Akan lebih baik lagi, Anda sudah menyiapkan daftar pertanyaan sebelum mengadakan janji temu.

Bagian Paling Umum yang Bisa Pesan Secara Custom

Meskipun pada dasarnya dalam pemesanan kitchen set custom bisa secara keseluruhan, namun fakta di lapangan terdapat beberapa bagian paling umum saja yang banyak dicustom. Apa saja bagian yang dimaksud?

Bagian utama tersebut antara lain seperti back panel, top table, kabinet atas dan kabinet bawah. Alasan mengapa banyak orang hanya memesan beberapa bagian saja secara custom adalah karena saat pembuatan rumah biasanya sudah tersedia desain tertentu dan bersifat permanen.

Misalnya saja area kompor, meja dapur dan perlengkapan lainnya yang Anda buat secara permanen menggunakan bahan batu-bata dan finishing semen.

Baca juga: 10+ Kesalahan Saat Memilih Kitchen Set Semarang, Bikin Boncos Hingga Gagal Tampil Estetik

Jika Anda mempunyai rencana pesan kitchen set custom secara full, sebaiknya tidak membuat kerangka dapur permanen saat tahap pembangunan rumah Anda lakukan. Biarkan saja kosong terlebih dahulu atau menggunakan perlengkapan dapur yang sifatnya tidak permanen seperti meja kayu atau meja plastik untuk tempat kompor dan peralatan dapur sementara.

Itulah beberapa poin penting yang harus Anda pahami sebelum memutuskan untuk memesan custom kitchen set. Dengan menyimak pembahasan kali ini, harapannya adalah Anda bisa menciptakan dan mendapatkan desain terbaik untuk meningkatkan nilai guna serta nilai jual dari hunian di masa yang akan datang.