Hunian Impian di Era New Normal

Hunian Impian di Era New Normal. Kita tahu bersama, bahwa sejak Covid-19 mewabah, aktivitas nomal kita dibatasi oleh jarak. Kita terpaksa bekerja tanpa tatap muka di kantor, tidak lagi bertemu secara fisik, dan penerapan berbagai protokol lain yang membatasi langkah gerak kita sehari-hari. Kita dituntut untuk bekerja, belajar, dan beribadah di dalam rumah kita masing-masing. Sebuah aktivitas yang tentu saja melelahkan sekaligus membosankan. Namun, semua itu bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Covid-19.

Hunian Impian di Era New Normal

Kini, kita memasuki era new normal. Sebuah kondisi yang sebetulnya tak akan sepenuhnya sama seperti sebelum adanya pandemi. Berbagai pelonggaran protokol kesehatan mulai diberlakukan meski tidak seutuhnya, berbagai perusahaan mulai memberlakukan work from office meskipun terdapat pembatasan jumlah karyawan, meski begitu lembaga pendidikan belum sepenuhnya membuka kelas-kelas belajar secara tatap muka. Situasi ini menuntut kita untuk menjadikan rumah kita sebagai arena multifungsi sebagai tempat bekerja dan belajar.

Di era new normal, rumah tidak lagi berfungsi sebagai wahana pulang untuk beristirahat. Rumah juga musti memberikan semangat baru, kreativitas baru, kesenangan baru, dan kenyamanan baru bagi penghuninya. Semua itu bertujuan agar rumah tetap menunjang produktivitas kita. Untuk itu, mendesain rumah di era new normal sangat perlu memperhatikan tiap-tiap fungsi ruangan.

Ruang terbagi secara jelas

Kegiatan di dalam rumah ketika masa pandemi sangat beragam. Anda dapat bekerja, belajar, beribadah, olah raga, dan kegiatan lainnya di dalam rumah. Untuk itu pembagian ruangan di dalam rumah harus lebih beragam. Anda tidak lagi memanfaatkan kamar sekaligur ruang kerja. Anda perlu membuat area tersendiri yang khusus difungsikan sebagai ruang kerja, agar dapat lebih fokus dan bebas dari gangguan.

Menujang WFH

Bekerja di dalam rumah memang menuntut pengalokasian khusus pada peralatan kerja kita. Anda perlu kursi dan meja kerja, komputer, serta storage yang cukup untuk menyimpan dokumen kerja. Kalau punya budget yang cukup, sebaiknya alokasikan ruangan tersendiri untuk bekerja.

Buat Area Olahraga

Anda dapat menciptakan area tersendiri sebagai Gym pribadi. Sejak Covid-19 melanda, kita tahu banyak pusat-pusat kebugaran batal beroperasi. Untuk itu kebutuhan Olahraga harus terpenuhi di dalam rumah. Jika Anda tidak memiliki ruang yang cukup, dapat memanfaatkan area terbuka di balkon rumah sebagai area Gym. Atau area terbuka di belakang rumah juga dapat menjadi alternatif lain.

Bangun rumah dengan konsep Green Living

Sejak Covid-19 melanda, tanpa sadar kesadaran akan kesehatan menjadi bagian penting di kehidupan sehari-hari. Orang-orang mulai melakukan aktivitas yang menunjang kebugaan tubuh, demam bersepeda dan berolahraga terjadi dimana-mana, banyak yang mulai hobi menanam tanaman, dan berbagai aktivitas yang menujang kesehatan lainnya. Untuk itu, rumah juga harus ikut serta menunjang kesehatan. Salah satunya dengan menerapkan konsep Green Living atau Eco-House pada rumah.

Anda dapat memulainya dengan membangun taman di rumah Anda. Perbanyak tanam tumbuhan hijau di sekitar rumah. Jika anda tidak memiliki lahan yang cukup, dapat memanfaatkan teknik bioponik dan hidroponik. Tanaman-tanaman ini selain memberi nuansa segar, juga dapat Anda panen dikemudian hari atau anda konsumsi sendiri.

Konsep Green Living juga dapat anda ciptakan dengan rumah yang meminimalisir penggunaan energi. Anda dapat membuat rumah dengan memperhatikan sirkulasi udara yang lancar, sehingga tidak perlu menyertakan AC sebagai pendingin ruangan. Pencahayaan rumah yang memadai, sehingga tidak perlu menghabiskan energi listrik pada siang hari. Oleh karenanya, anda dapat membuat jendela-jendela rumah yang lebar untuk melancarkan pencahayaan dan sirkulasi udara.

Anda dapat mengonsultasikan hunian impian di era new normal bersama kami Q Interior & Architecture

Info lebih lanjut:

Telp/WA :  081228000799
Email : interior_semarang@yahoo.com
Facebook : Q Interior & Architecture Semarang
Instagram : @qinteriorsemarang
Website : interior-semarang.com
Workshop and Office : Jl. Borobudur Selatan Raya RT/RW 09/03, Manyaran, Kota Semarang 50147