Berapa sih, Ukuran Kitchen Set yang Ideal?

Berapa sih, Ukuran Kitchen Set yang Ideal? Kitchen Set adalah seperangkat furnitur dapur yang terdiri dari cabinet, kompor, washbak, dengan toptable sebagai meja pengolah makanan. Kitchen Set bukanlah seperangkat yang portable, Ia menyatu dengan ruangan dan sifatnya permanen. Maka dari itu, dimensi sebuah Kitchen Set sangat bergantung pada ukuran ruangan yang tersedia. Semua itu demi kenyamanan selama digunakan.

Kemudian, tahukah kamu bagaimana mengetahui ukuran kitchen set yang ideal? Berikut kami sajikan ukuran-ukuran ideal Kitchen Set berdasarkan beberapa aspek penting. Agar lebih faham, tolong baca sampai habis ya Sob!

Ketinggian Top Table

Jadi, ketinggian Top Table pada Kitchen Set menjadi salah satu aspek kunci untuk menunjang kegiatan memasak. Hampir semua Kitchen Set yang ada, didesain untuk digunakan ketika memasak dengan cara berdiri. Untuk itu, mengatur ketiggian Penggunanya sangat penting dilakukan.

Umumnya, ketinggian Top Table adalah 80-90cm untuk ukuran rata-rata orang Asia. Namun, ada juga yang mengukurnya secara manual menyesuaikan dengan tinggi pinggul penggunanya.

Lebar Top Table

Untuk menunjang kegiatan memasak, tentu saja sangat memerlukan area yang cukup. Belum lagi kita perlu menyesuaikan dimensi washbak dan kompor dengan luasan permukaan top table. Maka dari itu, agar semuanya terpasang dengan rapi, lebar top table perlu dibuat sesuai.

Untuk meja dapur, lebar idealnya adalah 60-70cm. Ukuran ini telah menjadi lebar standart sebuah top table. Karena top table berdampingan dengan ukuran washbak dan kompor yang dimensinya tidak mungkin bisa diubah.

Area Backsplash

Umumnya area ini berbahan granite ataupun ceramic tile. Pada area ini, biasanya terpasang gantungan untuk peralatan masak dan semacamnya. Area ini memiliki ketinggian yang mengikuti jarak antara kabinet bawah dengan kabinet atas sebuah Kitchen Set. Pertanyaannya berapa sih jarak idealnya?

Jarak standar kabinet atas dan kabinet bawah juga mengikuti ketinggian ideal penggunanya lho sob. Umumnya pada jarak 60-70cm. Jarak ini umumnya menyesuaikan jangkauan tangan pengguna, pada kabinet atas. Jika ingin lebih tinggi, bisa saja. Jarak ini juga menjadi standar pemasangan Cooker Hood/Exhouse menyerap asap ketika memasak.

Kabinet Atas

Kabinet atas umumnya digunakan sebagai storage peralatan dapur, rak piring, dan penyimpanan bahan-bahan lainnya. Ketinggian standar kabinet atas biasanya menyesuaikan kabinet bawah, sekitar 80-90cm. Namun, ini relatif karena sangat bergantung selera. Kamu bahkan bisa membuatnya mentok sampai ceiling jika memiliki kebutuhan storage yang banyak.

Area washbak

Bak cuci piring adalah salah satu elemen yang wajib ada di kitchen set. Ukuran idealnya adalah 80 cm hingga 90 cm, baik itu untuk bak cuci piring satu bak ataupun dua bak. Jangan lupa sisakan sedikit space di dekat bak cucian untuk meniriskan air pada peralatan makan yang baru dicuci.

Ukuran Cooker Hood

Fungsi Cooker Hood sangat penting untuk menyerap asap dan bau masakan ya sob. Letaknya berada di kabinet atas dengan posisi persis berada di atas kompor, jika ditarik garis lurus. Ukuran ideal Cooker Hood yang saat ini beredar di pasaran adalah 60-90cm. Untuk ketinggiannya, sebagaimana penjelasan di atas, idealnya sekitar 60-70cm dari kabinet bawah.

Luas Dapur

Area dapur sangat bergantung pada area yang kamu sediakan ni sob. Jika kamu menyediakan area ini pada pojok ruangan, bentuk L Shape bisa menjadi pilihan untuk dapurmu. Jika kamu memiliki area yang lebih luas kamu bisa membuatnya melingkar berbentuk U Shape yang mengelilingi dinding.

Berapa sih, Ukuran Kitchen Set yang Ideal?

Berapa sih, Ukuran Kitchen Set yang Ideal? Jangan lupa, area dapur biasanya menjadi tempat barang-barang berukuran besar lainnya. Maka sediakan juga tempat untuk meletakkan kulkas, dispenser, oven, dan peralatan elektronik penunjang lainnya. Di samping kamu pasti perlu dekorasi untuk mempercantik dapurmu. Maka sediakanlah space yang cukup untuk menaruh hiasan, item-item dekoratif seperti ambalan, hingga mini bar.

Kalau sudah faham dengan ukuran kitchen set yang ideal, kan jadi enak memikirkan desain yang kamu impikan ya ngga? Namun, kalau kamu tidak mau repot dan menghindari kesalahan, serahkan saja kepada tim Q Interior & Arch! Dijamin desainnya efisien, multifungsi, dan pastinya sesuai dengan keinginanmu. Yuk, wujudkan kitchen set idamanmu bersama kami!

Instagram