Aluminium Vs Kayu, Mana Harga Kitchen Set Per Meter yang Lebih Worth It

Harga Kitchen Set Per Meter – Guna memastikan Anda bisa mendapatkan kitchen set idaman, artinya harus tepat dalam memilih material. Anda juga harus mempertimbangkan faktor daya tahan dan kualitas material.

Untuk mendapatkan material yang baik dan berkualitas, Anda tentu harus rela merogoh kocek lebih dalam. Ini adalah hal yang wajar, mana aja harga kitchen set per meter murah dengan kualitas baik?

Baca juga: Kitchen Set Semarang Aluminium: Model, Estimasi Harga, Keunggulan & Kelemahan

Saat ini, rekomendasi material yang bisa Anda pilih aluminium atau kayu. Namun, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk mengkombinasikan keduanya.

Mana yang Lebih Worth It?

Kedua material memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Namun jika ditanya mana yang lebih worth ini, jawabannya adalah sesuai selera masing-masing individu.

Tidak jarang pula yang berakhir dengan perdebatan. Jika ditelaah lebih dalam lagi, sebenarnya mana yang lebih bagus?

Pada umumnya, keberadaan kitchen set mempunyai tujuan fungsional dan tampilan. Wajar jika banyak orang bertanya tentang bahan apa yang paling bagus untuk digunakan.

Material yang paling favorit saat ini seperti kayu maupun aluminium. Keduanya sama-sama bisa disulap menjadi kitchen set berpenampilan mewah.

Dari sini akhirnya muncul pemikiran untuk membandingkan keduanya.

harga kitchen set per meter

Membandingkan Harga Kitchen Set Per Meter Material Kayu dan Aluminium

Untuk bisa mendapatkan hasil perbandingan yang tepat dan adil, Anda harus memahami dulu apa saja keunggulan dari keduanya

Keunggulan Material Kayu

Apa saja keunggulan material kayu?

1.Dikenal Lebih Kokoh

Material kayu jati untuk kitchen set, dikenal sangat kokoh dan tahan lama. Yang Anda perlukan selama perawatan adalah tidak menggunakan bahan kimia. Bisa memicu kerusakan pada tekstur dan warnanya.

2.Bisa Dibentuk Sesuai Kebutuhan dan Keinginan

Dengan memanfaatkan material kayu jati, Anda bisa menciptakan kitchen set sesuai kebutuhan dan keinginan. Model apapun bisa terwujud dengan material kayu jati ini.

3.Menawarkan Penampilan Natural

Material kayu yang akan Anda gunakan untuk membuat kitchen set mempunyai warna, serat dan tekstur natural. Sehingga Anda bisa menciptakan daya tarik dan keunikan pada kitchen set Anda di rumah.

4.Mudah Dipadukan Dengan Berbagai Macam Desain Interior

Material kayu jati cenderung lebih fleksibel. Anda bisa memadukannya untuk desain minimalis, modern, mewah hingga bergaya klasik sekalipun.

5.Bebas Kustomisasi

Menggunakan material kayu jati, Anda bisa bebas kustomisasi sesuai selera dan keinginan. Mau dibentuk apa saja bisa, sehingga tidak terlihat pasaran dan membosankan. Contohnya seperti memberi sentuhan ukir khusus.

Keunggulan Material Aluminium

Apa saja keunggulan material aluminium?

1.Mempunyai Ketahanan yang Baik Terhadap Panas

Material aluminium mempunyai tingkat ketahanan yang baik terhadap cuaca panas maupun lembab. Kondisi tersebut memang biasa muncul di area dapur. Terlebih saat aktivitas memasak sedang berlangsung. Suhu di ruang dapur akan meningkat.

2.Aman Dari Ancaman Rayap

Jenis material aluminium memang paling top untuk menghindari serangan rayap. Tidak adanya resiko keropos pada material aluminium, membuatnya aman dari berbagai aktivitas dan gangguan rayap.

3.Bisa Beradaptasi dengan Baik Terhadap Air dan Api

Percikan air maupun suhu panas yang berasal dari kompor tidak akan mempengaruhi kondisi aluminium. Permukaannya yang solid, membuatnya tahan terhadap api. Tidak seperti kayu.

4.Mudah Dalam Proses Perawatan

Untuk jangka panjang, proses perawatan kitchen set dengan material aluminium perlu diperhitungkan. Anda tidak perlu melakukan perawatan khusus karena tidak ada resiko berkarat. Cukup dengan rutin membersihkannya saja setelah memasak. Gunakan kain lap dengan permukaan lembut.

5.Tampilan Lebih Elegan

Bagi Anda yang ingin mempunyai kitchen set minimalis modern, material aluminium sangat direkomendasikan. Alasan utamanya karena aluminium menawarkan desain garis mewah dan elegan.

Nah, setelah mengetahui keunggulan masing-masing material, kini saatnya masuk ke perbandingan harganya.

Harga Kitchen Set Per Meter Antara Kayu vs Aluminium

Dari berbagai sumber yang sudah kami rangkum, akhirnya sudah didapatkan estimasi harganya. Untuk harga kitchen set per meter kedua material tersebut, tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Bagi Anda yang memilih material kayu, Anda bisa menyediakan budget per meter mulai Rp 2,5 juta. Dimana sudah menggunakan finishing HPL.

Penggunaan HPL ini, mampu menyulap ruang dapur menjadi semakin cantik dan terkesan lebih mewah.  Sementara bagi Anda yang memilih material aluminium, Anda bisa menyediakan budget per meter mulai Rp 3,1 juta.

Untuk perbedaan dari keduanya hanya terpaut Rp 600 ribu per meternya. Jika ingin tampil estetik dengan bentuk unik, Anda bisa memilih material kayu. Sementara jika ingin tampil elegan dan tidak mau repot dengan proses perawatannya, Anda bisa memilih material aluminium.

Head to Head Material Kayu vs Aluminium

Mengetahui head to head antara material kayu vs aluminium bisa memantapkan pilihan Anda. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

1.Jangka Waktu Pemakaian

Material kayu jati sudah tidak diragukan lagi tingkat ketahanannya. Dibanding dengan material aluminium, Anda bisa mempertimbangkan material kayu. Karena mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Semakin lama, justru kekuatannya semakin baik. Apalagi jika bahan yang digunakan berusia tua.

2.Ketahanan Terhadap Serangan Rayap

Material aluminium lebih unggul dalam hal resiko serangan rayap. Jika di rumah Anda mempunyai resiko terhadap serangan rayap, menggunakan material kitchen set tentu lebih baik. Daripada baru digunakan beberapa saat sudah diserang oleh rayap, mending cari aman saja.

Namun jika lokasi kitchen set masih bisa diakali sehingga tidak beresiko diserang oleh rayap, bisa juga Anda mempertimbangkan penggunaan material kayu.

3.Tingkat Kerumitan Dalam Proses Perawatan

Aspek perawatan juga wajib Anda jadikan sebagai sorotan utama. Material kayu mempunyai tingkat kerumitan lebih tinggi dalam hal perawatan. Terlebih lagi jika terdapat banyak detail seperti ukiran atau dekorasi lainnya. Belum lagi masalah suhu panas dan air yang seringkali menjadi momok.

Sementara aluminium yang bentuknya monoton, cenderung mudah dalam proses perawatannya. Tahan terhadap api dan air karena sifat permukaan yang solid. Kemudian, Anda juga tak perlu khawatir dengan resiko karatan karena kedua material sama-sama tahan karat.

4.Terkait Tampilan Produk Secara Keseluruhan

Sebagian besar orang pasti mempertimbangkan penampilan dari kitchen set. Misalnya saja jika Anda memiliki banyak perabot modern dan mewah, mungkin akan lebih cocok memilih aluminium. Berbeda dengan Anda yang memiliki perabot estetik, klasik dan natural, pasti memilih kayu.

Anda bisa mengkombinasikan material kayu untuk berbagai desain lebih mudah. Apalagi kayu memiliki karakter lebih mudah untuk dibentuk sesuai kebutuhan.

Baca juga: Kepincut Konsep Kitchen Set Minimalis Natural, Pilih Dominasi Tema Kayu

5.Reaksi Yang Ditimbulkan Akibat Kontak Dengan Bahan Kimia

Pertimbangan terakhir dari segi reaksi bahan kimia, Anda bisa memilih material aluminium. Material ini tahan terhadap cuka maupun kecap. Meskipun setiap hari terkontaminasi  banyak bahan kimia, material aluminium tetap lebih unggul.

Itulah perbandingan harga kitchen set per meter antara material kayu vs aluminium yang wajib Anda pahami. Jadi, sekarang saatnya bagi Anda untuk mulai mempertimbangkannya lebih lanjut.

Q Interior & Architecture merupakan penyedia jasa interior desain dan arsitektur yang berdiri sejak tahun 2005. Layanan kami menjangkau seluruh daerah di Indonesia.