Tips Membuat Pepustakaan Pribadi di Rumah

Memiliki rumah impian tentu tidak lengkap tanpa hadirnya sudut ruang favorit. Bagi kamu pecinta buku yang gemar membaca, menghadirkan perpustakaan pribadi di dalam rumah mungkin adalah unsur terpenting pada rumah impian.

Jika kamu berniat membangun rumah, kamu bisa membuat area khusus untuk memajang koleksi bacaanmu. Di dalamnya, Anda bisa membuat rak-rak buku secara berjejer atau cukup pada satu sisi dinding. Di antara sisi rak-rak ini, Anda juga dapat menyulapnya menjadi pojok baca yang nyaman.

Tertarik menghadirkan perpustakaan pribadi untuk sempurnakan desain rumah impianmu? Intip dulu salah satu inspirasi desain berikut yang menghadirkan perpustakaan pribadi dengan suasanya nyaman dan apik dalam hunian.

Buat Rak-rak buku yang Unik

Sebuah perpustakaan, sudah pasti terdapat rak-rak buku yang cukup besar untuk menyimpan koleksi buku. Buku-buku Anda yang berjumlah ratusan sudah pasti tak akan cukup untuk dimuat pada satu rak berukuran mini. Untuk itu, pastikan rak buku yang Anda buat, menyesuaikan total koleksi buku yang Anda miliki.

Di samping itu, sebuah rak buku tidak hanya sebagai storage pajangan buku Anda. Sebuah rak dengan bentuk-bentuk yang unik akan menambah suasana yang ingin ditampilkan. Namun, semua itu tergantung selera ya sob. Anda dapat membuatnya dengan bentuk standar agar terkesan rapi, bisa juga dibuat secara unik dan terlihat futuristik.

Siapkan Area Membaca yang Nyaman

Ketika Anda membuat perpustakaan, tentu Anda ingin membuatnya sebagai sumber pengetahuan, tidak hanya Anda seorang, namun juga bagi para tamu-tamu pribadi Anda.

Anda dapat menyertakan bangku panjang untuk sekedar rileks sambil mencari buku-buku bacaan. Pastikan membuatnya senyaman mungkin ya sob. Karena membaca butuh durasi waktu yang lama.

Tak cuma bangku, Anda juga perlu membuat meja baca bagi tamu perpustakaan Anda. Anda bisa membuatnya di sudut ruangan, atau membuatnya berdekatan diantara rak buku agar tidak terkesan monoton.  Pastikan juga kenyamanannya juga ya, dengan kursi-kursi empuk biar betah buat membaca.

Gaya Minimalis Modern

Untuk semakin menambah kenyamanan, Anda dapat juga membuat sebuah desain ruangan perpustakaan dengan konsep minimalis modern.

Anda dapat memulainya dengan memadukan warna-warna kalem atau putih. Warna putih tak hanya membuat ruang terasa lebih luas, buku-buku yang terpajang pun akan terlihat kontras dan menambah keindahan ruangan. Anda juga dapat mempercantiknya dengan aksen-aksen tertentu agar lebih unik dan menarik perhatian.

Atur Pencahayaan Ruangan

Pencahayaan yang cukup, jelas akan menambah kenyamanan Anda membaca. Maka, buatlah perpustakaan pribadi Anda terlihat terang. Eits, tapi tunggu dulu. Jangan membuatnya terlalu terang ya sob. Ruangan yang terlalu terang akan cepat membuat mata Anda cepat Lelah. Untuk aktivitas membaca, tentu sangat-sangat tidak worth it ya kan sob.

Solusinya, Anda dapat menggunakan warna warm white pada lampu perpustakaan pribadi Anda. Selain membuat mata lebih nyaman, warna ini juga membuat interior ruangan berkesan lebih hangat.

Banyak sekali, bukan, cara wujudkan sudut perpustakaan pribadi. Anda dapat juga menata furniture beserta dekorasi dalam rumah agar tercipta perpustakaan pribadi yang nyaman bagi kamu, para pecinta buku.

Jangan lupa lengkapi juga perpustakaan pribadi di rumahmu dengan aneka furnitur dari Q Interior & Arch, ya!