Punya dapur kecil? Begini cara Memaksimalkannya.

Punya dapur yang luas memang menjadi idaman tersendiri ya #SobatQ, apalagi dilengkapi berbagai fitur dan storage yang lega. Sudah pasti pengalaman kita memasak jadi lebih terpuaskan. Namun, apa jadinya jika dapur anda yang tersedia berukuran kecil? Tenang. Begini caranya maksimalkannya.

Sebetulnya fugsi sebuah dapur adalah untuk memasak. Maka untuk menunjang kegiatan masak-memasak, fitur-fitur dasar sebuah dapur harus terpenuhi ya #SobatQ. Seperti Stove, Washbak, hingga storage untuk menyimpan alat-alat dan bahan-bahan masakan. Jadi, jika anda hendak membangun sebuah dapur rumah, pastikan fitur-fitur di atas sudah terpenuhi ya sob.

Jika anda memiliki dapur yang kecil, sebuah desain yang tepat mutlak diperlukan. Dengan desain yang tepat, kebutuhan anda memasak sudah pasti terpenuhi dangan tidak meniggalkan sisi kenyamanan ketika sedang melakukan aktivitas dapur lainnya.

Desain untuk dapur yang kecil harus memaksimalkan sisi-sisi dan sudut-sudut ruang yang ada. Agar tidak ada bagian ruang yag mubazir tidak difungsikan. Untuk itu anda dapat menggunakan desain furniture custom untuk menjangkau semua area. Dengan furniture custome, ukurannya dapat menyesuaikan luasan ruangan dan dapat menyesuaikan kebutuhan.

Anda juga dapat memaksimalkan dinding backsplash untuk memberi hiasan gantungan. Bisa untuk menggantung spatula, atau adukan untuk memasak. Ini jelas lebih hemat ruang daripada menyediakan storage tambahan pada dapur.

Jika anda memiliki banyak barang-barang dapur yang membutuhkan storage yang cukup lega, anda dapat menambah storage bagian atas pada dapur. Bahkan anda dapat membuatnya hingga menyentuh plafon pada dapur. Desain seperti ini selain menghemat space secara horisontal juga membuatnya lebih rapi dan enak dipandang. Anda dapat menyimpan barang-barang yang jarang digunakan pada storage atas.

Pengaturan pada pencahayaan dapur juga dapat mempengaruhi kesan yang lebih lega pada dapur. Untuk itu, pastikan desain dapur anda memiliki pencahayaan yang cukup, baik pada siang hari, maupun malam hari.

Terakhir anda dapat memaksimalkan dapur kecil anda dengan desain gaya minimalis. Desain yang rumit justru membuat dapur anda menjadi kian sumpek. Maka dari itu, gaya minimalis sangat pas untuk diterapkan pada dapur yang memiliki luasan area yang kecil.