Kiat Ampuh Membersihkan Sofa yang Kotor

Anda sedang bingung memikirkan bagaimana caranya membersihkan bercak kotor di sofa Anda? Tapi tahukah anda, bercak-bercak kotor itu tidak hanya disebabkan oleh kotoran-kotoran membandel, lho.  Ternyata polutan yang menempel bisa saja datang dari seluruh sudut rumah. Mulai dari asap hasil memasak di dapur, debu hingga bulu hewan peliharaan.

Namun, meski terlihat tidak kotor dari luar, sofa tetap saja perlu dibersihkan. Karena akan banyak kotoran dan bakteri yang menempel di sela-sela sofa. Terlebih jika sofa tersebut digunakan secara bersama-sama, Anda harus benar-benar meluangkan waktu untuk membersihkan sofa secara berkala.

Sebelum melakukan pembersihan, Anda harus memeriksa terlebih dahulu intruksi yang tertera di produk sofa yang Anda beli. Dalam intruksi ini biasanya terdapat informasi jenis pembersih yang aman untuk sofa milik Anda.

Bersihkan bahan sofa dari debu dan bakteri dengan vacuum cleaner

Untuk membersihkan sofa menggunakan vacuum cleaner, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner jenis handled yang dapat menjangkau sisi tersempit. Sehingga Anda tidak hanya membersihkan permukaan sofa saja, namun juga dapat membersihkan dudukan soafa, bagian dalam dudukan dan sela-sela sofa yang perlu dibersihkan dari kotoran dan debu.

Untuk noda pekat, cuci bahan sofa dengan air, detergen dan alkohol

Jika noda berlemak menempel pada sofa, Anda cukup mencam[ur air dengan detergen, lalu tekan pada bagian bernoda dengan lap atau spons. Usahakan tidak menyikat atau menggosok bahan sofa untuk menjaga kualitas bahannya.

Jasa SOfa Semarang

Namun, jika sofa Anda terkena noda yang lebih pekat seperti tinta, cat dan darah, prosesnya dapat dimulai dengan mengeringkan noda tersebut menggunakan hair dryer. Kemudian larutan pembersih yang sebelumnya sudah dibuat, dapat ditambahkan alkohol. Lakukan hal yang sama seperti yang dijelaskan sebelumnya. Alu keringkan dengan lap kering.

Jika sofa masih belum bersih, Anda bisa menggunakan campuran air dan cuka

Cuka mengandung zat asam klorin yang mampu menghilangkan noda membandel dengan lebih efektif. Oleh karena itu, jika noda yang ada di sofa tetap membandel dan tidak mau pergi, kamu perlu mengganti campuran pembersih dengan cuka dan air. Ulangi beberapa kali jika noda tidak mau hilang. Lalu keringkan sofa.

Namun, jika masih belum hilang, Anda perlu menggunakan cairan pembersih khusus yang disarankan untuk bahan sofa Anda. Sebelumnya coba semprotkan pada sofa bagian dalam, sehingga jika cairan pembersih tersebut dapat merubah warna, Anda dapat segera mengetahuinya tanpa merusak tampilan luarnya.

Menghilangkan bulu hewan peliharaan yang melekat pada sofa

Bulu-bulu hewan peliharaan yang menempel pada bahan sofa dapat dengan mudah dihilangkan menggunakan vacuum cleaner. Atau jika kamu tidak memiliki vacuum cleaner, kamu dapat membeli Lint Roller yang dapat mengangkat bulu-bulu hewan peliharaanmu di rumah. Atau kamu juga bisa menggunakan selotip yang memiliki sistem yang sama dengan lint roller.

Pelembab untuk membersihkan bahan kulit

Sofa berbahan kulit jelas lebih awet dari bahan sofa yang biasanya, namun sofa kulit memerlukan perawatan khusus. Apabila tidak dilakukan perawatan dengan baik, bahan kulit ini akan rentan mengelupas atau sobek.

Bersihkan permukaan secara berkala semisal dua atau tiga bulan sekali dengan lap yang dibasahi air. Lalu gunakan skin moisturizer yang biasa Anda gunakan setiap hari juga dapat anda gunakan untuk memberikan kelembaban pada sofa kulit Anda.

Instagram Q Interior

Hubungi Kami Disini