5 Rekomendasi Kitchen Set Minimalis Elegan, Cocok Untuk Dapur Sempit

kitchen set minimalis

Proses pemilihan kitchen set minimalis yang tepat untuk Anda terapkan pada ruang dapur sempit, ternyata tidak semudah yang dibayangkan.

Anda membutuhkan pengetahuan  dan pengalaman, agar dapur terlihat lebih luas serta menawarkan kenyamanan.

Baca juga: Mengenal Kitchen Set Murah Semarang Bergaya Modern Minimalis, Ternyata Begini Karakteristiknya!

Penting untuk mempertimbangkan keberadaan kitchen set pada dapur. Dimana, nantinya ruang dapur Anda menjadi lebih rapi karena perlengkapan memasak terdapat tempat penyimpanan khusus.

Sebagian besar barang yang bisa Anda simpan di kitchen set seperti piring, mangkuk, wajan, gelas, sendok, garpu dan lainnya.

Lantas, bagaimana menciptakan kesan elegan pada kitchen set minimalis?

Daftar Model Kitchen Set Minimalis Elegan

Secara umum, kitchen set minimalis dibagi menjadi 3 kategori bentuk saja. Pertama, berbentuk U. Kedua, berbentuk L. Dan terakhir, berbentuk lurus atau linear.

Desain kitchen set minimalis dapat bervariasi tergantung pada keinginan pribadi Anda dan ruang dapur yang tersedia. Berikut adalah beberapa ide desain untuk kitchen set minimalis:

1.Model dengan Tipe On Side

Model pertama yang bisa Anda terapkan pada ruang dapur sempit adalah tipe on side. Anda bisa menggunakan kabinet kitchen set di bagian bawah saja.

Sementara untuk bagian atas, biasanya hanya menggunakan rak gantung atau ambalan. Tak perlu khawatir, meskipun budget Anda terbatas, dapur sempit tetap bisa tampil maksimal.

2.Model Kabinet Didominasi Kaca

Model kedua, Anda bisa memilih kabinet dengan dominasi bahan kaca. Mengingat kitchen set minimalis banyak memadukan bahan kaca di dalamnya.

Keunggulan model ini, Anda jadi lebih mudah saat mencari barang. Karena barang yang Anda simpan bisa terlihat dengan jelas tanpa harus membuka satu persatu.

Agar terlihat lebih elegan dan modern, Anda bisa memadukan dengan bahan besi, aluminium hingga kayu agar lebih kuat.

3.Model Dominan Putih

Model ketiga, kitchen set minimalis identik dengan warna dominan putih. Tema putih, bisa jadi salah satu pilihan tepat untuk tampil lebih bersih dan luas.

Untuk menerapkan model dominan putih, Anda bisa menggunakan model kabinet tertutup. Kemudian, kesat pucat karena dominasi warna putih bisa diakali dengan menambahkan 1 tone warna.

Salah satunya seperti warna emas sehingga membuat tampilan dapur semakin mewah.

4.Model Scandinavian

Model keempat ialah Scandinavian. Tidak hanya banyak digunakan untuk interior rumah, model Scandinavian juga sangat cocok untuk Anda terapkan di ruang dapur.

Ciri khas kitchen set minimalis model Scandinavian biasanya terdapat pada padan warna putih, cokelat muda atau krem. Tujuan utamanya adalah untuk menampilkan kesan hangat pada ruangan.

Untuk memaksimalkan kesan hangat, tambahkan lampu dapur dengan lampu berwarna kekuningan.

5.Model Dominan Kuning

Terakhir, kitchen set minimalis tidak melulu berwarna putih. Melainkan bisa menerapkan dominasi warna kuning, khususnya pada dapur sempit.

Warna kuning, ternyata juga mampu menciptakan kesan luas pada dapur sempit. Untuk mengurangi kesan mencolok, warna putih tetap harus dihadirkan.

Contohnya begini, Anda bisa terapkan warna kuning untuk kabinet. Kemudian, untuk warna putihnya Anda bisa mengaplikasikan pada meja dapur.

Dari 5 rekomendasi model kitchen set minimalis di atas, kira-kira Anda mau yang mana?

Cara Memilih Furnitur Untuk Mendukung Konsep Kitchen Set Minimalis

Konsep minimalis, pada dasarnya bisa tercipta karena ada dukungan langsung dari furniture. Berikut cara memilih furnitur terbaik untuk mendukung konsep tersebut:

1.Pilih Meja Dapur Minimalis

Hal paling utama untuk menciptakan kesan minimalis pada dapur adalah pemilihan meja dapur. Selama Anda memilih, pastikan ukuran meja dapur sudah sesuai dengan luas ruangan. Hindari meja dapur yang tebal dan berkaki besar ya.

Tujuannya agar tidak memberi kesan semakin sempit pada dapur. Anda bisa menggunakan meja dapur dengan kaki dari besi. Jauh lebih baik jika bisa dilipat jika sudah tidak digunakan.

2.Pertimbangkan Kursi Makan Tanpa Sandaran

Kursi makan tanpa sandaran, layak untuk Anda pertimbangkan. Pasalnya, penggunaan kursi jenis ini dianggap tidak memakan tempat. Setelah selesai makan, Anda bisa menyimpannya di bagian kolong meja. Lebih menguntungkan lagi jika kursi tersebut bisa dilipat, pasti akan memudahkan Anda selama proses penyimpanan. Untuk ruang dapur sempit, penggunaan kursi lipat tanpa sandaran sangat cocok dalam mendukung penerapan gaya minimalis.

3.Minimalisir Ambalan atau Rak Gantungan

Pada model kitchen set minimalis tipe on side, penggunaan ambalan atau rak gantungan menjadi ciri khas. Sebenarnya tidak masalah, asalkan penggunaannya seperlunya saja. Banyaknya barang yang diletakkan pada rak gantungan, memicu kesan penuh dan menambah sempit dapur.

4.Perbanyak Kabinet Penyimpanan

Ruang dapur sempit, sangat direkomendasikan memaksimalkan penggunaan kabinet. Kitchen set minimalis berkabinet banyak, akan menambah kesan luas dan rapi pada dapur sempit. Untuk warnanya sendiri bisa memilih dua tone warna saja. Misalnya seperti putih kombinasi emas atau kuning.

Tips Perawatan Kitchen Set Minimalis

Perawatan menjadi hal yang tidak boleh Anda remehkan agar kitchen set Anda tetap oke dalam jangka panjang. Dibanding konsep lainnya, gaya minimalis dianggap paling mudah dalam hal perawatan.

Mengingat desainnya yang simpel dan tidak ribet, proses pembersihannya pun sangat mudah. Anda bisa menghemat waktu dan memanfaatkannya untuk kesibukan lain.

Lantas seperti apa tips perawatan kitchen set minimalis?

1.Bersihkan Sirkulasi Udara Secara Rutin

Memastikan sirkulasi udara pada dapur Anda tetap baik, menjadi langkah utama yang harus Anda lakukan. Keberadaan asap dan suasana panas selama memasak, bisa memicu kerusakan pada kitchen set. Untuk itu, dibutuhkan sirkulasi udara yang baik agar asap dan udara panas bisa keluar. Selain itu, sirkulasi udara yang baik juga bisa menghilangkan gerah, lembab hingga pengap.

2.Biasakan Rutin Membersihkan Area Memasak

Setelah memasak, usahakan untuk langsung membersihkannya. Kitchen set yang bersih, tentu akan terhindar dari serangan hama maupun serangga yang menyebabkan kerusakan.

Hindari berbagai tumpukan peralatan memasak yang kotor. Dengan begitu, keberadaan kerak, noda maupun kotoran bisa Anda minimalisir.

3.Jangan Asal Menggunakan Cairan Pembersih

Kenal terlebih dahulu cairan pembersih yang Anda gunakan. Apakah sudah tepat untuk digunakan membersihkan kitchen set atau tidak. Cairan pembersih yang tidak tepat, bisa memicu kerusakan pada lapisan finishing kitchen set.

Contohnya saja marmer, bahan kitchen set yang cukup sensitif dengan berbagai kandungan asam. Anda bisa menggunakan sabun atau cairan pembersih yang sifatnya tidak abrasif. Selain itu, PH netral juga sangat direkomendasikan.

4.Wajib Kering Sepanjang Hari

Jangan sekali-kali membiarkan kitchen set Anda dalam kondisi basah. Alasannya adalah untuk mencegah dari kelembaban berlebih pemicu timbulnya jamur dan berbagai mikroba perusak lainnya. Terlebih jika kitchen set Anda didominasi dengan bahan kayu ya. Jadi, pastikan setiap kali selesai beraktivitas di dapur, upayakan agar kitchen set selalu kering.

Baca juga: Ingin Membuat Kitchen Set Di Rumah? Begini Tips Memilih Jasa Kitchen Set Semarang

Setelah membaca pembahasan kali ini, jadi makin paham bukan? Anda tidak hanya mendapatkan inspirasi kitchen set minimalis terbaik, tetapi diharapkan Anda juga lebih paham dalam memilih furnitur hingga tips perawatannya.

Q Interior & Architecture merupakan penyedia jasa interior desain dan arsitektur yang berdiri sejak tahun 2005. Layanan kami menjangkau seluruh daerah di Indonesia.