Jutaan Orang Tidak Menyadari! Ada Bahan Interior Anti Rayap

pvc

Jutaan orang bertanya-tanya, apakah ada bahan yang bagus digunakan dan tahan terhadap air, api, jamur dan rayap serta gangguan lainnya untuk furniture dan interior? Karena triplek yang biasa banyak digunakan oleh kebanyakan orang untuk kebutuhan tersebut, jelas tidak tahan lama. Untuk mengatasi kekurangan itu, belakangan muncul papan PVC board sebagai alternatif, yang bisa dipakai untuk interior bahkan eksterior.

PVC atau Polivinil klorida merupakan inovasi teknologi dari Eropa. Bahan PVC tahan secara biologi dan kimia, membuatnya menjadi plastik yang dipilih sebagai bahan populer pembuat pipa pembuangan dalam rumah tangga dan pipa lainnya. Namun, kini inovasi bahan PVC telah berkembang luas. Tidak hanya untuk bahan pembuat pipa, namun juga plafond dan partisi, bingkai jendela dan pintu, insulator kabel, hingga PVC lembaran yang dapat diaplikasikan sebagai pengganti kayu lapis.

Β Aplikasinya juga sangat sesuai pada area basah, seperti kamar mandi, dapur, dan teras. Karena sifatnya yang tahan air. Di samping itu, bahan ini juga terkenal ringan, tidak mudah lapuk, tahan api, tahan jamur dan rayap serta karakteristik yang kuat sehingga tahan terhadap benturan juga mudah untuk perawatannya. Di samping itu, bahan ini juga terkenal kedap suara. Interior-interior tertentu seperti studio musik memanfaatkan bahan ini untuk pelapis dinding sebagai peredam suara. Permukaan board halus dan datar, memudahkan proses finishing. Bahkan tanpa finishing pun, bahan ini tetap terlihat ciamik.

Proses pemotongan bahan PVC Board juga sangat mudah selayaknya triplek. Yaitu dengan menggunakan cutter dan gergaji, merapikannya juga hanya perlu kikir atau amplas. Untuk interior dan furniture, bahan ini juga dapat dilapisi HPL dengan proses perekatan dengan lem, hingga di cat duco. Ketika penyambungan dengan sekrup, bahan ini juga langsung dengan kuat mengikat. Bahan ini bahkan dapat dimodifikasi bentuknya sebagaimana bahan sintetis lainnya.

Inovasi

Meski dengan segudang kelebihan yang dimilikinya, pemanfaatan PVC board di dunia interior diakui masih minim penggunaannya. Bahan ini masih kalah jika dibandingkan dengan penggunaan kayu lapis atau plywood yang telah malang-melintang. Nampaknya konsumen masih perlu waktu untuk mengenal lebih jauh mengenai bahan ini.

Q Interior & Arch, salah satu kontraktor interior terbesar di Semarang berinisiatif untuk memulai inovasi baru di bidang ini dengan mencoba mengenalkan bahan PVC board kepada klien kami. Beberapa ada yang mulai beralih dari triplek, seperti yang dipercayakan salah satu klien, Ibu Guntur. Beliau memilih bahan PVC board untuk partisi ruangan dan kabinet bawah tangga rumahnya. Semoga kemajuan teknologi di bidang furniture ini selalu menjadi sinyal baik bagi kebutuhan pasar yang membutuhkan interior yang tahan rayap, air dan panas. Dengan penggunaan bahan ini, kita juga telah berkontribusi pada penghijauan bumi dan pengurangan penebangan kayu.

Baca artikel lainnya: Baca ini! Sebelum Memilih Jasa Interior

https://www.instagram.com/p/B5rft1UA7b8/?utm_source=ig_web_copy_link