Ide Desain Penyekat Ruangan dengan Budget Minim

Setiap ruangan yang ada di dalam rumah tidak melulu harus dipisahkan dengan tembok. Sekat ruang atau partisi dapat digunakan sebagai pengganti tembok. Penggunaan sekat ruang ini juga dapat membuat ruangan terkesan lebih luas. Oleh karena itu, pemilihan sekat ruang ini tidak bisa disepelekan karena dapat mempengaruhi hasil akhir tampilan ruangan. Sekat ruang yang tepat tidak hanya menjadi lebih fungsional, tapi juga dapat menambah nilai estetik dari segi visual.

Tapi, anda tidak perlu khawatir dengan budget yang membengkak hanya karena menginginkan sekat yang funsional sekaligus estetis. Lupakan material-material mahal seperti besi, kaca atau yang lain, dengan kreativitas, bahan-bahan murah ini bisa lho dijadikan sekat ruang yang estetis sekaligus fungsional. Apa saja? Yuk simak penjelasan dibawah ini!

Sekat Ruangan dengan Dahan Pohon

Ide Desain Penyekat Ruangan dengan Budget Minim

Dahan-dahan pohon yang ada di sekitar rumah, bisa lho dimanfaatkan sebagai sekat ruangan. Gunakan dahan-dahan dengan diameter kecil dan susun rapat-rapat untuk kesan yang lebih tertutup. Jika ingin kesan terbuka, coba gunakan dahan dengan diameter yang lebih besar lalu susun lebih renggang. Beri lampu di bagian bawah sebagai pencahayaan, sehingga bayangan dan cahaya yang dihasilkan menjadi lebih dinamis.

Sekat dari Batang Bambu

Selain dahan kayu, anda pun dapat menggunakan batang bambu sebagai penggantinya. Batang bambu ini dapat digunakan untuk menghidupkan kesan natural maupun oriental. Batang bambu bisa disusun secara rapi maupun secara acak dengan sudut kemiringan dan diameter yang berbeda untuk menghasilkan berbagai macam gaya dan suasana ruangan.

Pipa Paralon sebagai Sekat, kenapa tidak?

Pipa paralon merupakan material dengan budget rendah selanjutnya. Untuk sekat yang lebih tertutup, kamu bisa menggunakan pipa berdiameter kecil dan menyusunnya rapat-rapat. Sedangkan untuk pipa dengan diameter yang besar, bisa digunakan untuk sekat ruangan yang lebih terbuka, misalnya saja di kamar mandi atau dapur.

Tapi, kami tidak menyarankan menggunakan desain ini bagi anda yang mempunyai typophobia, ya! Bukannya estetis, nanti malah membuat anda menderita. Hhihii.

Sekat Ruang Praktis dengan Box Kayu

Penggunaan box kayu sebagai partisi tidak hanya membuat tampilan ruangan yang estetis, tapi juga praktis, kenapa? Box kayu dapat dengan mudah disusun menjadi sebuah lemari maupun kabinet. Dengan begitu, anda dapat dengan mudah meletakkan buku, pajangan maupun foto-foto kenangan bersama keluarga.

Box kasyu dapat diberi warna jika warna dan tekstur kayu kurang sesuai dengan tema hunianmu. Tapi jika anda menginginkan sesuatu yang natural, anda dapat mempertahankan tekstur asli untuk memperkuat kesan naturan pada hunianmu.

Sekat Ruangan dari  Tanaman Gantung

Tanaman Gantung atau taman vertikal tidak hanya dapat memberikan suasana segar pada ruangan, tapi juga dapat menjadi sekat ruangan yang berbeda. Pipa maupun tambang dapat digunakan sebagai penahan pot panjang tanaman. Terasa kurang memberikan privasi? Gunakan tanaman rambat yang menjuntai sehingga daunnya dapat berperan seperti tirai yang dapat menutupi ruangan di belakangnya.

Daur Ulang Panel Papan Kayu sebagai Sekat

Ide Desain Penyekat Ruangan dengan Budget Minim

Manfaatkan panel papan kayu yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan sekat. Susun sesuai dengan keinginan, atau susun secara zigzag dan sambungkan menggunakan engsel. Partisi dengan panel ini juga dapat digunakan sebagai tepat memajang hiasan dinding maupun foto-foto keluarga.

Sekat Ruang Fleksibel dengan Tirai Dekoratif

Ini adalah cara paling sederhana. Tapi anda tidak ingin partisi anda terlihat biasa saja? Coba kombinasikan warna serta lapisan atau layering pada tirai, mulai dari warna tirai, tirai yang transparan, hingga motif pola pada tirai agar dapat terlihat mewah tanpa perlu menguras banyak biaya.

Sederhana dengan Rangka Kayu

Ide Desain Penyekat Ruangan dengan Budget Minim

Material kayu selalu dapat digunakan sebagai alternatif pengganti material besi atau kaca. Dengan rangkaian dan penataan yang tepat, rangka kayu dapat membuat sekat yang baik dan menarik. Meskipun masih terlihat sederhana dan terbuka, sekat ruangan dari rangka kayu ini bisa jadi pilihan untuk hunianmu. Berikan dekorasi seperti tanaman sukulen atau pajangan kecil untuk memperidah dan membuat tampilan lebih hidup.

Itu tadi beberapa ide material yang dapat digunakan untuk membuat sekat ruangan tanpa mengeluarkan biaya yang super menguras kantong. Penataan yang baik tentu menjadi faktor utama agar tetap dapat memberikan nilai estetis dan juga kesan mewah pada hunianmu. Jadi, anda mau pilih yang mana?

Instagram Q Interior