Desain Interior Apartemen Semarang

Master Bed Room

Kebutuhan akan tempat tinggal terus berkembang dan terus menyesuaikan dengan dinamisme hidup manusia khususnya masyarakat perkotaan. Keberadaan tempat tinggal baik rumah biasa maupun hunian vertikal terus berkembang. Model-model hunian terus berkembang seperti halnya apartemen di kota-kota besar (khususnya di kota Semarang). Salah satu model apartemen yang banyak digandrungi saat ini adalah apartemen type studio. Tipe apartemen ini berukuran kompak dan berharga terjangkau dibanding dengan apartemen mewah tipe premium dengan banyak kamar. Ya, apartemen ini terdiri dari satu kamar yang sangat cocok untuk pelajar, mahasiswa maupun karyawan yang belum berkeluarga. Untuk definisi apartemen bisa membaca pada paragarf berikutnya.

Apa itu Apartemen Tipe Studio
Apartemen Tipe Studio

Apartemen tipe studio adalah apartemen yang terdiri dari satu kamar ditambah dengan kamar mandi. Satu kamar multifungsi sebagai ruang tamu, kamar dan dapur. Kamar mandi akan menjadi satu-satunya ruangan terpisah di sebuah apartemen type studio. Apartemen studio biasanya murah dan mempunyai utilitas rendah. Di sebuah kota, jenis apartemen ini biasanya ditemukan di dekat kampus maupun transportasi umum. Tentu saja, tipe studio ini sesuai bagi sesorang yang ingin hidup sederhana dan murah.

Desain Interior Apartemen Semarang

Berapa Ukuran Apartemen Type Studio?

Pada umumnya apartemen type studio mempunyai luasan antara 20-35 m2. Luas ini biasanya terdiri dari ruang utama, ruang makan dan dapur, dan kamar mandi. Untuk memaksimalkan area yang minimalis ini, biasanya digunakan furniture / interior kompak dan multifungsi. Kenyamanan ruangan apartemen ini tergantung dari kejelian dalam memilih dan mendesain interior serta tata letak furniture yang tepat.

Contoh Desain Interior Apartemen Tipe Studio

Berikut ini beberapa gambar/foto desain interior apartemen type studio modern yang keren yang dapat Anda jadikan inspirasi dalam merancang apartemen idaman Anda.

Tips Mendesain Apartemen Tipe Studio

  • Jauhi penerapan model klasik atau model yang membutuhkan banyak ornament.
  • Desain Interior yang ringan dan simpel. Seperti gaya kontemporer dan minimalis.
  • Pilih warna netral dan terang.

 Desain Interior Apartemen Semarang
Jasa Interior kontraktor SemarangDesain Interior Apartemen Semarang

Dekorasi Apartemen Type Studio (Pembagian Denah Ruang)

Pembagian ruang jenis apartemen ini sebenarnya tergantung dari pemiliknya. Pada umumnya type apartemen ini terdiri dari sebuah main room sebagai kamar tidur, ruang keluarga dan ruang makan. Jika Anda seorang karyawan atau pelajar, area tersebut bisa dipisah lagi menjadi ruang belajar atau ruang kerja. Apartemen ini juga biasanya sudah dilengkapi dengan kitchen dan dapur model kompak. Pada contoh foto interior studio apartemen diatas, area dapur dan kitchen set biasanya “disembunyikan” dibelajang closed style door.

Desain interior apartemen type studio berbeda-beda tergantung dari pemiliknya. Jika pemilik apartemen menginginkan adanya privasi, desain apartemen bentuk L-shape bisa diaplikasikan. Bentuk L ini, area ruang tidur dipisahkan dengan ruang tamu, dapur dan ruang makan jadi satu. Pada setiap kamar utama, jenis apartemen ini mempunyai sebuah kamar mandi yang biasanya berukuran minimalis, yang hanya terdiri dari shower dinding dan sebuah kloset.

Bagaimana Menata Interior Apartemen Type Studio Yang Tepat

Pemilihan Desain Interior Apartemen Yang Baik

Interior Apartemen Murah

Mainkan interior yang tidak membutuhkan banyak space. Anda bisa meletakkan sofa berukuran kecil dan ramping yang tidak memakan banyak ruang. Usahakan Anda menggunakan furniture multifungsi seeperti desain meja kopi yang menyatu dengan rak penyimpanan buku. Anda juga bisa menggunakan sebuah expandable dining table yang berfungsi sebagai meja makan sekaligus meja kerja. Selain itu, buatlah sebuah wardrobe atau lemari tanam yang berguna sebagi lemari baju, kosmetik sekaligus sebagai storage untuk barang-barang anda. Jangan ragu untuk menggunakan jasa arsitek dan desainer interior untuk merancang interior apartemen Anda dengan baik.

Partisi Ringan Sebagai Divider

Jasa Interior Apartemen Semarang Jawa Tengah

Tentu saja untuk membuat privasi, Anda membutuhkan sebuah partisi ruangan yang memisahkan ruang yang paling privasi yaitu ruang tidur dengan ruang lain, seperti; ruang makan dan ruang tamu. Untuk jenis apartemen tipe studio, partisi solid dinding bukalah pilihan yang tepat. Solusi terbaik adalah menggunakan partisi ringan dan juga multifungsi. Contohnya: rak buku, lemari pajangan, rak pajangan, bahkan bisa juga TV stand.

Pencahayaan

Lampu Apartemen
Apartement Lighting

Anda harus memperhatikan pencahayaan di dalam apartemen type studio ini secara merata keseluruh ruangan. Mengapa? Karena semakin banyak sumber cahaya dalam ruangan apartemen Anda, maka apartemen studio Anda akan terasa luas. Anda bisa menggunakan lampu indirect light dan juga lampu gantung.

Warna Cat Apartemen Tipe Studio

Warna interior Apartemen
Q Interior Semarang

Memilih warna cerah dapat membuat kesan lapang dan luas. Jika Anda tidak menyukai warna putih, Anda bisa menggunakan warna cerah lainnya seperti kream,light blue dan ivory. Anda juga harus memperhatikan kombinasi, intensitas, komposisi warna dalam ruangan. Anda bisa memilih satu warna utama dengan paduan warna lainnya sebagai aksen untuk menghindari tampilan ruangan apartemen yang monoton. Desain Interior Apartemen Semarang

 

Q Interior & Architecture 

Office & Workshop :

Jl. K.H Thohir Raya RT 03/05
Pedurungan Lor
Semarang 50192

Phone / WA : 081228000799

Email :  interior_semarang@yahoo.com

Source Desainic