5 Desain Interior Rumah yang Wajib Anda Coba

desain interior gaya kontemporer

Rumah, sudah barang tentu menjadi tempat kita kembali. Segala penat setelah aktivitas seharian kita bekerja, menjadikan rumah sebagai tempat utama kita kembali dan beristirahat. Maka sangat penting untuk menjadikan rumah terasa nyaman dan membuat betah untuk ditinggali. Kenyamanan rumah bisa kita dapatkan dengan membangun suasana rumah yang sehat, asri dan nyaman. Kita dapat mendesain rumah kita selayaknya Istana Raja, ataupun sekedar mendesain rumah minimalis yang sedang trend akhir-akhir ini. Dari segala desain interior rumah yang beredar, berikut kami rangkum 5 Inspirasi desain interior rumah yang dapat menjadi referensi Anda dalam membangun suasana rumah yang Anda idam-idamkan.

Pertama, Gaya Skandinavian

Gaya Desain Interior Skandinavian

Gaya Skandinavian terinspirasi dari suasana kawasan negara-negara Nordik yang berbatasan dengan Kutub Utara. Ciri khas gaya desain ini adalah warna-warna yang muncul terlihat pucat yang membangkitkan kesan sejuk di dalam ruangan. Biasanya interior-interior yang menghiasi interior gaya Skandinavian berbahan wol, kanin tenun, atau bulu-bulu. Baca juga artikel sebelumnya mengenai gaya desain Skandinavia di sini.

Kedua, Gaya Industrial

Gaya Desain Interior Industrial

Industrial lebih menonjolkan sisi “mentah” dari suatu bahan. Penggunaan batu bata atau baja mungkin menjadi salah satu contoh yang tepat untuk menggambarkan bagaimana gaya industrial yang sebenarnya. Dengan perpaduan lantai bermotif garis, lampu gantung dan warna asli dari bahan baku gaya industrial menjadikannya terlihat lebih natural. Tapi tentu saja, bukan berarti kita bisa memasukkan semua interior tanpa ada editing pada beberapa hal. Menambahkan karpet Turki juga merupakan pilihan yang bagus untuk memberi kesan rumah tidak seperti ‘pabrik’.

Ketiga, Gaya Tradisional Jawa

Gaya Desain Interior Tradisional Jawa

Meskipun bukan menjadi sebuah trend yang berkembang, gaya hunian Jawa memiliki kelompok penikmatnya sendiri. Gaya ini memiliki ciri khas semua material bangunannya yang berbahan dasar kayu. Dari segi furniture di dalamnya, kita juga akan mendapati berbagai mebel dengan bahan dasar kayu murni dengan ukiran-ukiran rumit khas Jawa. Penikmat gaya ini menonjolkan sisi estetik dari kesan eksotis yang muncul dan sisi filosofis dari kearifan lokal.

Keempat, Gaya Minimalis

Gaya Desain Interior Minimalis

Inilah gaya yang paling banyak dicari pemilik rumah generasi muda di Indonesia. Terinspirasi dari kesederhanaan gaya desain Jepang, gaya minimalis mengutamakan keluasan area dengan hanya memberi interior seminimal mungkin. Permainan warna seperti hitam, putih dan warna primer menjadikan minimalis semakin menonjol. Gaya minimalis tidak dibuat untuk memberi kesan dingin dan kaku, melainkan lebih kesederhanaan dan alami tanpa menghilangkan kesan estetik ruangan.

Kelima, Gaya Kontemporer

Gaya Desain Interior Kontemporer

Seperti halnya namanya, Gaya kontemporer adalah gaya desan yang paling terakhir muncul dan selalu berkembang. Desain gaya ini memiliki ciri khas kebersihan dan ruangan tanpa banyak hiasan. Logam dan kaca adalah material populer gaya kontemporer. Penambahan detail-detail di sudut ruangan dengan memberikan aksesoris yang lebih curvy menjadikan gaya ini terlihat sederhana tetapi tetap ada sesuatu yang ditonjolkan.

Rumah sejatinya adalah wahana bagi kita membangun kebahagiaan di dalamnya. Maka dari itu janganlah merusak kebahagiaan Anda dengan menbiarkan suasana rumah yang kacau dan tidak terawat. Sudah saatnya Anda beralih pada revolusi interior rumah Anda dengan menciptakan suasana baru dan semangat baru dengan desain-desain interior pilihan Anda. Bagaimana? Sudah menemukan desain rumah idaman?

*Diolah dari berbagai sumber.